Skip to main content

Paribasan Kejawen

Adigang Adidung Adiguno Adiwacara.
Menyombongkan apa pun yang dimilikinya
Adigang,adigung,adiguna.
Merasa paling kuat, merasa paling agung, merasa paling penting
Aja dumeh wong gedhe.
Jangan mentang-mentang jadi pembesar
Ajining diri dumunung ana ing lathi, ajining raga ana ing busana.
Nilai diri terletak di mulut, nilai fisik terletak pada pakaian
Ala lan becik iku gandhengane, kabeh kuwi saka karsaning Pangeran.
Buruk dan baik itu saling berkaitan, semua itu atas kehendak Tuhan.
Alon-alon waton kelakon.
Pelan-pelan saja asal berhasil
Ana catur mungkur.
Ada adu mulut/ pertentangan selalu dihindari
Anak polah bapa kepradah
Tingkah polah anak, orang tua ikut menanggung akibatnya
Asu gedhe menang kerahe.
Pangkat tinggi, pasti lebih menang dalam berperkara
Asu rebutan balung.
Berdebat hal yang sepele tak ada yang mau mengalah
Becik ketitik ala ketara.
Berbuat baik maupun buruk akhirnya akan terlihat juga
Beda-beda pandumaning dumadi.
Beraneka warna pemberian Tuhan itu kepada ciptaan-Nya
Bener kang asale saka Pangeran iku lamun ora darbe sipat angkara murka lan seneng gawe sangsaraning liyan.
Bener yang berasal dari Tuhan itu apabila tiada sifat yang angkara murka dan tidak menyengsarakan orang lain. Salah kalau mempunyai sifat angkara murka dan suka menyengsarakan orang lain.
Bener saka kang lagi kuwasa iku uga ana rong warna, yakuwi kang cocok karo benering Pangeran lan kang ora cocok karo benering Pangeran.
Benar dihadapan Tuhan yang sedang berkuasa juga ada dua macam, yaitu yang sesuai dengan kebenaran dari Tuhan dan yang tidak sesuai dengan kebenaran Tuhan.
Berat sama dipikul ringan sama dijinjing.
Enak enggak enak ditanggung bersama
Bibit, bebet, bobot.
Keturunan, harta, bobot/mutu
Cakra manggilingan.
Hidup itu bagaikan roda yang terus berputar.
Crah agawe bubrah
Bercerai kita runtuh
Dhemit ora ndulit, setan ora doyan
Lepas dari mara bahaya
Dhuwur wekasane, endhek wiwitane
Akhirnya mulia, yang semula sederhana
Diobong gak kobong, disiram gak teles
Sakti, ditekan, dihina, disia siakan tetapi tetap sukses
Diwehi ati ngrogoh rempela
Diberi kebaikan, menunt pemberian lebih
Dumadining sira iku lantaran anane bapa biyung ira.
Terjadilah dirimu itu adalah melalui adanya ibu-bapakmu.
Gupak Pulut ora mangan nangkane
Capek pekerjaan nggak dapet hasilnya
Guru Sejati bisa nuduhake endi lelembut sing mitulungi lan endi sing nyilakani.
Adalah Guru Sejati yang dapat menunjukkan mana mahluk halus yang menolong dan mana yang mencelakakan.
Gusti Allah ora sare.
Tuhan tak pernah tidur
Gusti iku dumunung ana atining manungsa kang becik, mula iku diarani Gusti iku bagusing ati.
Tuhan itu berada dalam hati manusia yang suci, karenya Tuhan disebut pula sebagai wajah hati yang suci.
Gusti iku sambaten naliko sira lagi nandhang kasangsaran. Pujinen yen sira lagi nampa kanugrahaning Gusti.
Mohonlah kepada Tuhan jikalau engkau sedang menderita sengsara. Dan memuji syukurlah kepada Tuhan jikalau engkau diberi anugerah-Nya.
Ing donya iki ana rong warna sing diarani bener, yakuwi bener mungguhing Pangeran lan bener saka kang lagi kuwasa.
Di dunia ini ada dua macam kebenaran, yaitu benar di hadapan Tuhan dan benar di hadapan yang sedang berkuasa.
Ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri andayani.
Didepan menjadi contoh, ditengah membimbing, dibelakang mendukung
Iro yudho wicaksono
Satria yang berani berperang membela kebenaran dengan didasari kebijaksanaan
Jaman iku owah gingsir.
Jaman itu serba berubah.
Kadangira pribadi ora beda karo jeneng sira pribadi, gelem nyambut gawe.
"Kadang" pribadimu itu tidaklah berbeda dengan dirimu sendiri, suka bekerja.
Kahanan donya ora langgeng, mula aja ngegungke kesugihan lan drajat ira, awit samangsa ana wolak-waliking jaman ora ngisin-isini.
Keadaan dunia ini tidak abadi, oleh karena itu jangan mengagung-agungkan kekayaan dan derajatmu, sebab bila sewaktu-waktu terjadi perubahan keadaan, tidak akan menderita aib.
Kahanan kang ana iki ora suwe mesthi ngalami owah gingsir, mula aja lali marang sapadha-padhaning tumitah.
Keadaan yang ada ini tidak lama pasti mengalami perubahan, oleh karena itu jangan lupa dan meluapkan sesama hidup.
Kakehan gludhug, kurang udan
Banyak bicara tanpa kenyataan - talk more do less.
Kaya banyu karo lenga
Tidak pernah rukun
Kebo kabotan sungu.
Orang yang kelebihan beban
Kebo nusu gudel.
Orang tua yang nurut anaknya
Kegedhen empyak kurang cagak
Banyak pengeluaran kurang penghasilan
Ketemu Gusti iku lamun sira tansah eling.
Pertemuan dengan Tuhan terjadi bila dirimu ingat kepada Tuhan.
Krido lumahing asto.
Pengemis
Kutuk marani sunduk.
Mendekati mara bahaya
Lamun sira durung wikan alamira pribadi, mara takona marang wong kang wus wikan.
Jikalau engkau belum mengetahui alam pribadimu, tanyakanlah kepada yang telah mengetahuinya.
Lamun sira durung wikan kadangira pribadi, coba dulune sira pribadi.
Jikalau engkau belum menemukan "kadang" (saudara) pribadimu, cobalah melihat dirimu sendiri.
Lamun sira kepengin wikan marang alam/ jaman kelanggengan, sira kudu weruh alamira pribadi. Lamun sira durung mikani alamira pribadi adoh ketemune.
Jikalau engkau ingin mengetahui alam pribadi, engkau harus mengetahui alam pribadimu. Kalau engkau belum mengetahui alam pribadimu, masih jauhlah alam abadi itu dari dirimu.
Lamun sira pribadi wus bisa caturan karo lelembut, mesthi sira ora bakal ngala-alamarang wong kang wus bisa caturan karo lelembut.
Jikalau engkau sudah dapat berwawancara dengan mahluk halus, pasti engkau tidak akan mencemoohkan orang yang dapat berwawancara dengan mahlik halus.
Lamun sira wus mikani alamira pribadi, alam jaman kalanggengan iku cedhak tanpa senggolan, adoh tanpa wangenan.
Jikalau engkau telah mengetahui alam pribadimu, alam abadi itu pun menjadi dekat pada dirimu walaupun tanpa dengan menyentuhnya, jauh dari dirimu walaupun tiada yang membatasinya.
Lelembut iku ana rong warna, yakuwi kang nyilakani lan kang mitulungi.
Mahluk halus itu ada dua macam, yaitu yang mencelakakan dan yang menolong manusia.
Mangan ora mangan ngumpul.
Tetep bersatu walaupun dalam kemiskinan
Manunggaling kawula gusti.
Rakyat dan penguasa bersatu
Manungsa iku bisa kadunungan dating Pangeran, nanging aja darbe pangira yen manungsa mau bisa diarani Pangeran.
Manusia itu dapat mempunyai zat Tuhan, namun jangan beranggapan bahwa dengan demikian manusia itu dapat disebut Tuhan.
Manungsa iku kanggonan sipating Pangeran.
Manusia itu memiliki sifat Tuhan.
Manungsa iku saka dating Pangeran mula uga darbe sipating Pangeran.
Manusia itu berasal dari Tuhan oleh karena itu juga mempunyai sifat Tuhan.
Mikul dhuwur, mendhem jero
Menjunjung tinggi kebaikan orang tua dan merahasiakan semua keburukannya.
Mimi lan mintuno.
sepasang kekasih yang saling mencintai dalam cerita dunia barat seperti rommy & juli
Nabok nyilih tangan.
Memanfaatkan orang untuk melakukan sesuatu.
Nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake.
Menyerang tanpa membawa pasukan, menang tanpa merendahkan lawan yang sudah dikalahkan.
Ngono ya ngono ning aja ngono.
Kita boleh saja berperilaku sekehendak kita, tetapi jangan sampai berlebihan.
Nguyahi banyu segara.
Melakukan hal yang sia-sia.
Ora ana kasekten sing madhani pepesthen, awit pepesthen iku wis ora ana sing bisa murungake.
Tiada kesaktian yang menyamai kepastian dari Tuhan, karena kepastian dari Tuhan itu tiada yang dapat menggagalkan.
Owah gingsiring kahanan iku saka karsaning Pangeran Kang Murbeng Jagad.
Perubahan keadaan itu atas kehendak Tuhan.
Pangeran bisa ngrusak kahanan kang wis ora diperlokake, lan bisa gawe kahanan anyar kang dipeerlokake.
Tuhan itu dapat merusak keadaan yang sudah tidak diperlukan dan dapat mengadakan sesuatu yang baru yang diperlukan.
Pangeran iku adoh tanpa wangenan, cedhak tanpa senggolan.
Tuhan itu jauh tanpa ada batasnya, dan dekat sekali tapi tidak dapat bersentuhan.
Pangeran iku ana ing ngendi papan, aneng sira uga ana Pangeran, nanging aja sira wani ngaku Pangeran.
Tuhan itu ada di mana-mana, juga ada pada dirimu, tapi jangan berani engkau mengaku dirimu Tuhan.
Pangeran iku bisa mawujud, nanging wewujudan iki dudu Pangeran.
Tuhan itu dapat berwujud, tapi pewujudan itu bukanlah Tuhan.
Pangeran iku bisa ngowahi kahanan iku wae tan kena kinaya ngapa.
Tuhan itu dapat mengubah apa saja, tidak mungkin diperkirakan manusia.
Pangeran iku dudu dewa utawa manungsa, nanging sakabehing kang ana iki ugo dewa lan manungsa asale saka Pangeran.
Tuhan itu bukan dewa atau manusia, namun segala yang ada ini termasuk dewa dan manusia itu bersal dari Tuhan.
Pangeran iku kuwasa tanpa piranti, akarya alam saisine, kang katon lan kang ora kasat mata.
Tuhan itu berkuasa tanpa menggunakan alat apa pun, pencipta alam seisinya, baik yang tampak maupun yang tidak tampak.
Pangeran iku kuwasa tanpa piranti, mula saka kuwi aja darbe pengira yen manungsa iku bisa dadi wakiling Pangeran.
Tuhan itu berkuasa tanpa menggunakan alat pelengkap apa pun, oleh karena itu jangan beranggapan bahwa manusia itu dapat mewakili Tuhan.
Pangeran iku kuwasa, dene manungsa iku bisa.
Tuhan ituu berkuasa, manusia berkemungkinan saja.
Pangeran iku langgeng, tan kena kinaya ngapa, sangkan paraning dumadi.
Tuhan itu abadi, tidak dapat digambarkan perwujudannya, merupakan sebab yang pertama dan merupakan tujuan terakhir dari segala ciptaan yang ada.
Pangeran iku maha kuwasa, pepesthen saka karsaning Pangeran ora ana sing bisa murungake.
Tuhan itu mahakuasa, kepastian yang dari kehendak Tuhan, tidak ada yang dapat menggagalkannnya.
Pangeran iku maha welas lan maha asih, hayuning bawana marga saka kanugrahaning Pangeran.
Tuhan itu maharahim dan mahakasih, dan kebahagiaan semesta ini adalah anugerah dari Tuhan.
Pangeran iku menangake manungsa senajan kaya ngapa.
Tuhan itu memenangkan manusia bagaimanapun juga.
Pangeran iku ora ana sing padha, mula aja nggambar-nggambarake wujuding Pangeran.
Tuhan itu tidak ada yang menyamai, oleh karena itu jangan menggambar-gambarkan perwujudan Tuhan.
Pangeran iku ora mbedak-mbedakake kawulane.
Tuhan itu tidak membeda-bedakan mahluk-Nya.
Pangeran iku ora sare.
Tuhan itu tidak tidur (Tuhan mengetahui segalanya_.
Pangeran iku siji, ana ing ngendi papan, langgeng, sing nganakake jagad iki saisine, dadi sesembahane wong saalam kabeh, nganggo carane dhewe-dhewe.
Tuhan itu satu, ada di mana-mana, abadi, pencipta alam seisinya, dan menjadi sesembahan manusia sejagad raya, dengan memakai tata cara masing-masing.
Pangeran maringi kawruh marang manungsa bab anane titah alus mau.
Tuhan itu memberi pengetahuan kepada manusia tentang adanya mahluk halus itu.
Pangeran nitahake sira iku lantaran biyung ira, mula kudu ngurmat biyung ira.
Tuhan menciptakan engkau itu melalui ibumu, oleh karena itu hormatilah ibumu.
Pasrah marang Pangeran iku ora ategas ora galem nyambut gawe, nanging percaya yren Pangeran iku Maha Kuwasa. Dena kasil orane apa kang kita tuju kuwi saka karsaning Pangeran.
Menyerahkan diri kepada Tuhan itu tidak berati tidak mau bekerja, melainkan percaya bahwa Tuhan itu Mahakuasa. Sedang berhasil rtidaknya apa yang kita lakukan adalah kehendak Tuhan.
Purwa madya wasana.
Alam purwa (permulaan), alam madya (tengah), alam wasana (akhir).
Rukun agawe santosa.
Bersatu kita teguh
Sanubarang kang katon iki kalebu titah kang kasat mata, dene liyane kelebu titah alus.
Segala yang dapat dilihat merupakan ciptaan Tuhan yang tampak, sedang yang lain merupakan mahluk halus.
Sapa sira sapa ingsun.
Janganlah menggurui atau memerintah seseorang tanpa mengetahui tempatnya sendiri.
Sekabehing ngelmu iku asak saka Pangeran kang Mahakuwasa.
Segala pengetahuan itu berasal dari Tuhan Yang Mahakuasa.
Sing bisa dadi utusaning Pangeran iku ora mung janma manungsa wae.
Yang dapat menjadii utusan Tuhan itu bukan hanya manusia.
Sing sapa durung ngerti lamun piyandel iku kanggo pathokaning urip, iku sejatine durung ngerti lamun ana ing donya iki ana sing ngatur.
Barang siapa belum mengetahui bahwa kepercayaan terhadap Tuhan adalah acuan hidup, maka sebenarnya belumlah ia mengetahui bahwa hidup di dunia ini ada yang mengatur.
Sing sapa gelem nglakoni kebecikan lan ugo gelem lelaku, ing tembe bakal tampa kanugrahaning Pangeran.
Barang siapa suka berbuat kabajikan san ikhlas melakukan tanpa brata (terikat), akan menerima anugerah dari Tuhan.
Sing sapa mikani anane Pangeran, kalebu urip kang sempurna.
Barang siapa mengerti adanya Tuhan, tergolong sempurna hidupnya.
Sing sapa nyembah lelembut iku keliru, jalaran lelembut iku sejatine rowangira, lan ora perlu disembah kaya dene manebah marang Pangeran.
Barang siapa yang menyembah mahluk halus itu keliru, sebab mahluk halus itu sebenarnya adalah temanmu, dan tidak perlu disembah seperti Tuhan.
Sing sapa nyumurupi dating Pangeran iku ateges nyumurupi awake dhewe. Dene kang diurung mikani aawake dhewe durung mikani dating Pangeran.
Barang siapa mengetahui zat Tuhan berarti mengenal dirinya sendiri. Dan yang belum mengenal dirinya sendiri ia belum mengerti zat Tuhan.
Sing sapa wani ngowahi kahanan kang lagi ana, iku dudu sadhengah wong, nanging minangku utusaning Pangeran.
Bukan setiap orang mampu mengubah keadaan yang ada, kecuali manusia yang menjadi utusan Tuhan.
surga manut neroko katut.
Kehidupan kelak seorang istri ditentukan dari baik-buruknya agama suaminya
Titah alus iku ana patang warna, yakuwi kang bisa mrentah manungsa nanging ya bisa mitulungi manungsa, kapinhdo kang bisa mrentah manungsa nanging ora bisa mitulungi manungsa, katelu kang ora bisa mrentah manungsa nanging bisa mitulungi manungsa, kapat kang ora bisa mrentah manungsa nanging ya ora bisa mitulungi manungsa.
Mahluk halus itu ada 4 macam, pertama yang dapat memerintah manusia tetapi dapat pula memberi pertolongan kepada manusia, kedua yang dapat memerintah manusia tetapi tidak dapat memberikan perrtolongan pada manusia, ketiga yang tidak dapat memerintah manusia tetapi dapat membantu manusia, keempat yang tidak dapat memerintah manusia tetapi juga tidak dapat membantu manusia.
Titah alus iku ora bisa dadi manungsa lamun manungsa dhewe ora darbe penyuwun marang Pangeran supaya titah alus mau ngejawantah.
Mahluk halus itu tidak dapat menjadi manusia apabila manusia itu sendiri tidak memohon pada Tuhan (tidak menghendaki) agarr mahluk halus itu berwujud.
Titah alus lan titah kasat mata iku kabeh saka Pangeran, mula aja nyembah titah alus nanging aja ngina titah alus.
Baik mahluk halus maupun mahluk yang tampak semuanya ciptaan Tuhan adanya, oleh karena itu jangan menyembah mahluk halus tetapi jangan pula menghinanya.
Urip iku saka Pangeran, bali marang Pangeran.
Hidup itu berasal dari Tuhan dan kembali kepada Tuhan.
Wani ngalah, luhur wekasane.
Terkadang mengalah itu lebih baik, untuk kepentingan bersama

Wani silit, wedi rai.
Ia hanya berani jika orang yang di anggap musuh sedang tidak ada
Watu kayu iku darbe dating Pangeran, nanging dudu Pangeran.
Batu dan kayu itu mempunyai zat Tuhan tetapi bukan Tuhan.
Weruh marang Pangeran iku ategas wis weruh marang awake dhewe, lamun durung weruh awake dhewe, tangeh lamun weruh marang Panngeran.
Mengetahui Tuhan itu berarti sudah mengetahui dirinya sendiri, jikalau belum mengetahui dirinya sendiri mustahil dapat mengetahui Tuhan.
Witing tresna jalaran saka kulina.
Dapat jatuh cinta, dikarenakan terbiasa besama
Yen cocok karo benering Pangeran iku ategas bathara ngejawantah, nanging yan ora cocok karo benering Pangeran iku ategas titisaning brahala.
Kalau sesuai dengan kebenaran dari Tuhan, itu berarti bathara mengejawantah )dewa yang menjelma), tapi kalau tidak cocok dengan kebenaran dari Tuhan, itu berarti penjelmaan berhala.
Yen sira wus mikani alamira pribadi, mana sira mulanga marang wong kang durung wikan.
Kalau engkau sudah mengetaui alam pribadimu, hendaklah kamu mengajarkannya kepada yang belum mengetahui.
Yen wedi aja wani-wani, yen wani aja wedi-wedi
Jadi orang harus tegas, jangan ragu-ragu



PEPATAH JAWA KUNO
 
Ngluruk Tanpa Bala, Menang Tanpa Ngasorake, Sekti Tanpa Aji-Aji, Sugih Tanpa Bandha : Berjuang tanpa perlu membawa massa; Menang tanpa merendahkan atau mempermalukan; Berwibawa tanpa mengandalkan kekuasaan, kekuatan; kekayaan atau keturunan; Kaya tanpa didasari kebendaan
 

Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan : Jangan gampang sakit hati manakala musibah menimpa diri; Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu
 

Sepi ing Pamrih Rame ing Gawe, Banter tan Mbancangi, Dhuwur tan Ngungkuli : Bekerja keras dan bersemangat tanpa pamrih; Cepat tanpa harus mendahului; Tinggi tanpa harus melebihi
 

Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman : Jangan mudah terheran-heran; Jangan mudah menyesal; Jangan mudah terkejut-kejut; Jangan mudah kolokan atau manja
 

Aja Ketungkul Marang Kalungguhan, Kadonyan lan Kemareman : Janganlah terobsesi atau terkungkung oleh keinginan untuk memperoleh kedudukan, kebendaan dan kepuasan duniawi.
 

Aja Kuminter Mundak Keblinger, Aja Cidra Mundak Cilaka, Sing Was-was Tiwas : Jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah : jangan suka berbuat curang agar tidak celaka; dan Barang siapa yang ragu-ragu akan binasa atau merugi.
 

Aja Milik Barang Kang Melok, Aja Mangro Mundak Kendo : Jangan tergiur oleh hal-hal yang tampak mewah, cantik, indah; Jangan berfikir mendua agar tidak kendor niat dan kendor semangat.
 

Aja Adigang, Adigung, Adiguna : Jangan sok kuasa, sok besar, sok sakti
Sing Sabar lan Ngalah Dadi kekasih Allah : Yang sabar dan mengalah akan jadi kekasih Allah
 

Sing Prihatin Bakal Memimpin : Siapa berani hidup prihatin akan menjadi satria, pejuang dan pemimpin
 

Sing Resik Uripe Bakal Mulya : Siapa yang bersih hidupnya akan hidup mulya
 

Sura Dira Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti : Semua Keberanian, Kekuatan, Kejayaan, dan Kemewahan yang ada di dalam diri manusia yang menimbulkan kerusakan, ketakaburan, kelicikan dan angkara murka akan dikalahkan, dihancurkan oleh Kebijaksanaan, Kasih Sayang, dan Kebaikan yang ada di sisi lain dari manusia itu sendiri.
 
Memayu Hayuning Bawana, Ambrasta dur Hangkara : Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak
 

Urip Iku Urup : Hidup itu Nyala, Hidup itu hendaknya memberi manfaat bagi orang lain disekitar kita, semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik, tapi sekecil apapun manfaat yang dapat kita berikan, jangan sampai kita menjadi orang yang meresahkan masyarakat
 

Memayu Hayuning Bawana, Ambrasta dur Hangkara : Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak
 

Memayu hayuning bawana : melindungi bagi kehidupan dunia
Sukeng tyas yen den hita : suka/bersedia menerima nasihat, kritik, tegoran
 

Jer basuki mawa beya : keberhasilan seseorang diperoleh dengan pengorbanan
 

Ajining dhiri dumunung ing kedhaling lathi : nilai diri seseorang terletak pada gerak lidahnya
 

Ajining sarira dumunung ing busana : nilai badaniah seseorang terletak pada pakaiannya
 

Amemangun karyenak tyasing sesama : membuat enaknya perasaan orang lain
 

Kridhaning ati ora bisa mbedhah kuthaning pasthi : Gejolak jiwa tidak bisa meruba kepastian
 

Budi dayane manungsa ora bisa ngungkuli garise Kang Kuwasa : Budi daya manusia tidak bisa mengatasi takdir Yang Maha Kuasa
 


Tan ngendhak gunaning janma :tidak merendahkan kepandaian manusia
 

Sepiro duwurmu ngudi kawruh, sepiro jeromu ngangsu ngilmu, sepiro akehe guru ngajimu tembe mburine mung arep ketemu marang sejatine awake dewe : Tidak peduli seberapa tinggi orang mencari pengetahuan, seberapa dalam orang menuntut ilmu, seberapa banyaknya guru agama, akhirnya tergantung pada diri sendiri.
 

Sekti tanpo aji , digdoyo tanpo guru : Sudah hebat meskipun tanpa kekayaan atau sekolah yang tinggi 
 
 http://www.7jiwanusantara.com/p/blog-page_19.html
 

Comments

Popular posts from this blog

Belajar dari Wirid Wirayat Jati Ronggowarsito

Banyak orang yang tidak tahu apa sih ilmu sejati itu? Banyak para salik yang mencari suluk untuk mendapatkan ilmu sejati yakni ilmu kasampurnan (kesempurnaan) hidup. Tidak ada salahnya jika kita belajar ilmu kasampurnaan hidup itu dari Raden Ngabehi Ronggowarsito dari Serat Wirid Wirayat Jati yang ditulisnya. Bagaimana ilmu kasampurnan itu? Anênggih punika pituduh ingkang sanyata, anggêlarakên dunung lan pangkating kawruh kasampurnan, winiwih saking pamêjangipun para wicaksana ing Nungsa Jawi, karsa ambuka pitêdah kasajatining kawruh kasampurnan, tutuladhan saking Kitab Tasawuf, panggêlaring wêjangan wau thukul saking kawêningan raosing panggalih, inggih cipta sasmitaning Pangeran, rinilan ambuka wêdharing pangandikaning Pangeran dhatêng Nabi. Musa, Kalamolah, ingkang suraosipun makatên: Ing sabênêr-bênêre manungsa iku kanyatahaning Pangeran, lan Pangeran iku mung sawiji. (Inilah sebuah petunjuk benar yang menjelaskan ilmu sirr kesempurnaan hidup, yang berakar dari

PRIMBON JAWA LENGKAP

Sistim Penanggalan Jawa Sistim Penanggalan Jawa lebih lengkap dan komprehensif apabila dibandingkan dengan sistim penanggalan lainnya, lengkap dan komprehensifnya adalah suatu pembuktian bahwa ketelitian Jawa dalam mengamati kondisi dan pengaruh seluruh alam semesta terhadap planet bumi seisinya termasuk pengaruh kepada pranatan kehidupan manusia, dapat disampaikan antara lain adanya rumusan tata penanggalan jawa sebagai berikut : 1. Pancawara – Pasaran; Perhitungan hari dengan siklus 5 harian : 1. Kliwon/ Kasih 2. Legi / Manis 3. Pahing / Jenar 4. Pon / Palguna 5. Wage / Kresna/ Langking 2. Sadwara – Paringkelan, Perhitungan hari dengan siklus 6 harian 1. Tungle / Daun 2. Aryang / Manusia 3. Wurukung/ Hewan 4. Paningron / Mina/Ikan 5. Uwas / Peksi/Burung 6. Mawulu / Taru/Benih. 3. Saptawara – Padinan, Perhitungan hari dengan siklus 7 harian : 1. Minggu / Radite 2. Senen / Soma 3. Selasa / Anggara 4. Rebo / Budha 5. Kemis / Respati 6. Jemuwah / Sukra 7. Setu / Tumpak/Sa

Agama asli jawa Indonesia

HONG WILAHENG NGIGENO MESTUTI, LUPUTO SARIK LAWAN SANDI, LUPUTO DENDANING TAWANG TOWANG, DJAGAD DEWO BATORO HJANG DJAGAD PRAMUDITO BUWONO LANGGENG AGOMO BUDDODJAWI-WISNU hing TANAH DJOWO ( INDONESIA ) ---oooOooo--- Lambang Cokro Umbul - Umbul Klaras            Wiwitipun ngadeg Agami Buddodjawi-Wisnu wonten ing Suroboyo, nudju dinten Tumpak cemengan (Saptu Wage), tanggal kaping 11 Palguno 1856. (Djumadilawal) utawi tanggal 25 November 1925 mongso kanem, windu sengsoro, Tinengeran condro sangkolo. Ojaging Pandowo Angesti Buddo 1856. Utawi tahun Ismoyo 8756.            Tujuan Agami Buddodjawi-Wisnu anenangi soho angemuti dumateng Agami soho Kabudayan kita ing Indonesia ingkang asli soho murni, kados dene wontenipun negari Modjopait sapanginggil sederengipun wonten Agami penjajahan. Agami Buddodjawi-wisnu puniko mengku punjering Kabudayan Nasional ingkang asli soho murni ing Indonesia. Dene Punjering Kabudayan wau ingkan ngawontenaken adat t