"Dalam Subud tidak ada perbedaan antara agama satu dan lainnya, karena yang
tumbuh ialah kesejatiannya, yaitu apa yang sudah ada di dalam masing-masing
manusianya. Jadi, jika seorang Kristen, dia akan menemui sejatinya Kristus,
bila seorang Buddhis, ia akan menemui sejatinya Buddha di alam rohaninya.
Demikian juga untuk seorang Muslim, tentu akan bertemu dengan kemurnian
Islam.
Lalu, kalau kita sungguh-sungguh sudah benar-benar dapat mengenal aspek halus
kita, maka di dalam segala hal kita akan dituntun oleh Kekuasaan Tuhan, sebab
Kekuasaan Tuhanlah yang bekerja di dalam dan di luar kita, sehingga di mana
saja, di kantor atau sedang menyetir mobil, atau melakukan apa saja, kita akan
selalu dituntun oleh Kekuasaan Tuhan.
Sungguh jelas apa yang tersabda di dalam Alquran, "Sebelum bertindak,
ucapkanlah bismillaahir rahmaanir rahiim"
Dengan Jelas bahwa SUBUD adalah bagian dari ISLAM. Pertanyaanya apakah mereka di terima ISLAM" Silahkan yang beragama Islam memperdebatkannya. Tentunya ada yang menerima ada yang tidak."
Singapura, 16 April 1960
(60 SIN 1)
[Pada masa yang telah lampau Bapak tidak pernah memberikan ceramah kepada
saudara-saudara yang belum dibuka. Namun tujuan ceramah di bawah ini ialah agar
mereka yang sudah tertarik hatinya kepada latihan dapat dibantu memahami
pengalamannya pada saat itu dan pengalamannya pada masa yang mendatang. Ceramah
di bawah ini diberikan oleh Bapak pada bulan April 1960 kepada mereka yang
sudah berkecenderungan hati melakukan latihan. Catatannya dikirim oleh
Sekretaris Subud Singapura.]
[Ceramah tersebut tidak direkam dengan tape recorder. Terjemahan Dr.
Zakir dicatat oleh seorang stenografer. Kami senang sekali dapat menerbitkan
ceramah di bawah ini. Mudah-mudahan ceramah tersebut dapat saja menolong mereka
yang akan menerangkan Subud kepada para peminat.]
Saudara-Saudara pria dan wanita, Subud adalah singkatan kata Susila Budhi
Dharma. Subud bukanlah agama baru, juga bukan sebagian agama yang sudah ada,
apalagi suatu ilmu. Subud hanya merupakan lambang cara hidup manusia sempurna.
Susila berarti hidup dengan menepati apa yang dikehendaki Tuhan, menepati
panggilan-Nya untuk menjadi manusia sejati. Budhi melambangkan kenyataan bahwa
segala makhluk ciptaan Tuhan, termasuk manusia, dilengkapi dengan Kekuasaan-Nya
yang berkarya baik di dalam maupun di luarnya.
Dharma mengandung arti bahwa segala makhluk, termasuk manusia, diwajibkan oleh
Tuhan menyerah kepada segala titah-Nya, harus menyerah kepada segala Kehendak
Penciptanya.
Susila Budhi Dharma mengandung arti memenuhi Kehendak Tuhan bersendikan
Kekuasaan-Nya, yang berkarya baik di dalam maupun di luar diri kita, sambil
menyerah kepada Kehendak Tuhan Yang Mahakuasa.
Susila Budhi Dharma merupakan lambang tindak-tanduk kita di dalam latihan
kejiwaan Subud, artinya apa saja yang terjadi di dalam latihan kejiwaan Subud
sungguh-sungguh merupakan Kehendak Tuhan dan terjadi karena memang demikianlah
Kehendak Tuhan atas diri kita. Itu amat cocok dengan sabda-sabda kitab suci
Alquran, Injil, dan lain-lainya, bahwa Tuhan selalu dekat pada manusia, atau
bahwa manusia sangat dekat pada Tuhan, bahwa Tuhan memberikan apa saja yang
dibutuhkan manusia, dan bahwa manusia dapat menerima apa saja yang diberi oleh
Tuhan.
Apa yang harus kita serahkan kepada Tuhan? Bukan harta benda kita, bukan apa
yang kita cintai, apalagi apa yang kita miliki, karena Tuhan tidak membutuhkan
semua itu.
Yang harus kita serahkan ialah akal-pikiran, hati, dan nafsu, karena itu semua
merupakan alat-alat yang selalu menghalang-halangi kita kalau mau dekat pada
Tuhan.
Itu yang dimaksudkan oleh Yesus Kristus saat bersabda bahwa Tuhan selalu dekat
pada kita kalau penyerahan kita kepada Tuhan melebihi segala-galanya, termasuk
cinta kita kepada diri sendiri. Oleh karena itu, cinta kita melalui hati dan
rasa selalu menjadi rintangan yang menghalang-halangi cinta sejati kepada
Tuhan. Sebab cinta lahiriah, yang kita anggap cinta, hanya tertuju kepada
barang-barang. Cinta kepada Tuhan harus lebih besar dan lebih dalam daripada
cinta lahiriah tadi itu.
Diwahyukan kepada Nabi Muhammad s.a.w. bahwa Tuhan sudah ada sebelum
segala isi alam diciptakan, dan Tuhan itu akan tetap abadi meskipun segala isi
alam sudah musnah. Tuhan lebih jauh daripada apa saja yang paling jauh. Ia
lebih dalam daripada apa saja yang ada di dalam kita. Itu berarti bahwa Tuhan
sesungguhnya menciptakan segala apa yang ada, dan oleh karena itu segala isi
alam dikuasai oleh Penciptanya. Demikianlah Tuhan, Asal-Usul segala alam
semesta, pada saatnya juga akan meleburkan seluruh ciptaan-Nya.
Demikianlah disabdakan bahwa Tuhan tidak mempunyai rupa, bahasa, negeri, atau
warna, sebab seandainya Ia bernegeri, akan ada lebih dari satu Tuhan, karena
tiap-tiap negeri perlu memiliki Tuhan sendiri. Itu sebenarya yang dimaksudkan
oleh sabda, "Tuhan hanya satu, dan Ia menguasai segala apa yang ada, rabbil
`aalamiin."
Tuhan memerintah tanpa perkakas atau bahan, sedangkan manusia, kalau mau
membuat suatu barang, membutuhkan, misalnya, meja, kayu, paku, martil, dan
alat-alat lainnya. Untuk bisa membuat bom atom, manusia membutuhkan alat-alat
yang lebih banyak lagi untuk mengubah bahan baku menjadi bom atom. Tetapi semua
itu tadi tidak diperlukan Tuhan. Tuhan Allah mencipta tanpa perkakas dan bahan.
Di sini terang sekali bahwa untuk dapat mengerti Kehendak Tuhan tidak ada jalan
lain buat manusia kecuali betul-betul menyerah, karena hati dan akal pikirannya
tidak mungkin akan dapat bertemu dengan Tuhan.
Itulah yang kita lakukan dalam latihan kejiwaan. Kita hanya menyerah saja tanpa
menggunakan akal-pikiran, hati, dan nafsu, karena tugas kita ialah hanya
sekadar menerima jatah yang Tuhan catukan kepada kita. Demikianlah dapat
dimengerti bahwa Subud itu hanya merupakan lambang kehidupan manusia yang wajib
menurut Kehendak Tuhan melulu serta melaksanakan Perintah-Nya di dunia, dan
demikian pula di akhirat.
Itulah karenanya maka dalam mengikuti latihan kejiwaan Subud kita tidak
mempunyai ajaran , tidak ada yang perlu kita pelajari, karena yang dihendaki
tidak lain kecuali sungguh-sungguh menyerah.
Siapa saja yang mengatakan bahwa ia tahu di mana jalan menuju ke Tuhan
sebenarnya mendahului pemberian Tuhan sebelum ia dapat menerimanya. Tidak ada
yang perlu kita lakukan kecuali menerima apa yang diberi-Nya, atau apa yang
menjadi Kehendak Tuhan atas diri kita.
Itulah sabda sejati para nabi, "Asal engkau pasrah kepada Tuhan dengan ikhlas
dan jujur, Tuhan akan memayungi dan menuntun dirimu." Di dalam latihan kejiwaan
kita tidak mempunyai kemauan satu pun.
Kita tidak mempunyai permohonan satu pun. Kita hanya sekadar menerima apa saja
yang Tuhan berikan.
Demikianlah keadaan pada masa mendatang. Kekuasaan Tuhan yang akan bekerja di
dalam diri kita waktu melakukan latihan dan akan membangkitkan apa yang sudah
ada di dalam diri kita. Upamanya, seorang yang mempunyai suara yang besar akan
mengeluarkan suara yang besar, sedangkan yang mempunyai suara halus, juga akan
bersuara halus. Itu terjadi dengan semua anggota badan kita, segala apa yang
ada di dalam kita. Itulah sebabnya, maka latihan itu untuk satu dan lain orang
tidak sama, karena semua orang berbeda-beda.
Dengan demikian menjadi lebih jelas bahwa di dalam Subud tidak mungkin memiliki
teori atau ajaran kebatinan, sebab orang satu berbeda dengan orang lain. Apa
yang dibutuhkan dan diterima oleh satu orang tidak sama dengan yang dibutuhkan
dan diterima oleh orang lain. Itulah sebabnya, maka tidak diadakan patokan atau
aturan tentang cara Saudara harus bertindak di dalam latihan, karena hal itu
pribadi. Semua orang akan menemukan sendiri bagaimana sregnya menghadap Tuhan,
dan apa yang sreg buat orang tertentu mungkin akan kisruh buat orang lain.
Itulah sebabnya, maka Saudara tidak dibenarkan mengira bahwa Saudara harus sama
dengan Muhammad Subuh atau meneladaninya. Kita harus mewujudkan kerohanian kita
sendiri bila ingin nanti menemukan jalan menuju Tuhan.
Tidak patut kalau kita meniru atau mencontoh orang lain. Kita masing-masing
harus menemukan dan menempuh jalan sendiri ke Tuhan. Biasanya, kalau berguru,
seorang murid banyak diajari untuk melakukan persis apa yang dilakukan oleh
gurunya, agar ia dapat menggayuh apa yang telah tercapai oleh sang guru.
Sebenarnya itu keliru, sebab jangankan di antara guru dan murid-muridnya, di
antara saudara kandung saja sudah banyak perbedaannya. Dengan demikian tentunya
kita dapat mengerti bahwa jalan yang cocok untuk seorang guru dalam hal
menemukan Tuhan, belum tentu cocok untuk murid-muridnya.
Oleh karena itu, maka Bapak mengatakan bahwa Tuhan sendirilah yang akan
menuntun kita kepada-Nya sebagaimana benar-benar terjadi di dalam latihan
kejiwaan, yaitu kita diajar mengenal jiwa kita, mengenal aku sejati kita. Tidak
perlu takut atau khawatir, sebab yang bekerja di dalam latihan itu tidak lain
tidak bukan apa yang sudah ada di dalam, dan terjadi sebagai akibat kerohanian
kita sendiri, aku sejati kita yang timbul di dalam latihan. Maka kita tidak
perlu gelisah atau takut.
Dalam Subud tidak ada perbedaan antara agama satu dan lainnya, karena yang
tumbuh ialah kesejatiannya, yaitu apa yang sudah ada di dalam masing-masing
manusianya. Jadi, jika seorang Kristen, dia akan menemui sejatinya Kristus,
bila seorang Buddhis, ia akan menemui sejatinya Buddha di alam rohaninya.
Demikian juga untuk seorang Muslim, tentu akan bertemu dengan kemurnian
Islam.
Lalu, kalau kita sungguh-sungguh sudah benar-benar dapat mengenal aspek halus
kita, maka di dalam segala hal kita akan dituntun oleh Kekuasaan Tuhan, sebab
Kekuasaan Tuhanlah yang bekerja di dalam dan di luar kita, sehingga di mana
saja, di kantor atau sedang menyetir mobil, atau melakukan apa saja, kita akan
selalu dituntun oleh Kekuasaan Tuhan.
Sungguh jelas apa yang tersabda di dalam Alquran, "Sebelum bertindak,
ucapkanlah bismillaahir rahmaanir rahiim
Itu mengandung arti bahwa Saudara mengikuti Tuntunan Tuhan dan hanya akan
melakukan apa yang dititahkan-Nya. Saudara tidak akan tergesa-gesa bertindak
dan baru setelah itu ingat Tuhan, sehingga menyesal, merasa kecewa dengan apa
yang telah Saudara lakukan.
Kalau sebelum kita mulai bekerja Tuhan Allah selalu ada di dalam kesadaran
kita, maka segala apa yang kita kerjakan nanti akan benar. Itulah makna
perbuatan orang Kristen yang bersujud sebelum makan atau mau tidur. Itu juga
mengandung arti bahwa kita tidak boleh bertindak tanpa Tuntunan Tuhan, karena
jika Tuhan Allah kita lupakan, kita tidak akan mendapat Pertolongan-Nya kalau
ternyata tindakan kita salah. Kekuasaan yang kita saksikan, hanya untuk
meyakinkan bahwa Kekuasaan Tuhan Yang Mahakuasa bekerja di dalam kita, tidak
ada hanya di dalam diri kita, melainkan juga ada di dalam tiap-tiap ciptaan.
Itulah sebabnya, maka di dalam latihan kejiwaan kita tidak akan merugikan agama
kita masing-masing. Apa yang kita alami dan lakukan akan berasal dari Kehendak
Tuhan, dan kita hanya membuka apa yang sudah ada di dalam kita.
Mereka yang selalu mengandalkan agama akan menerima dalam latihan pengalaman
yang cocok baik dengan agamanya maupun dengan apa yang ada di dalam dirinya.
Tentunya di antara Saudara ada yang akan tanya bagaimana Bapak dapat mengerti
itu. Saya akan menyampaikan jawaban Bapak begini, "Bapak, pada waktu menerima
itu, ada dalam keadaan seperti Saudara pada saat ini. Bapak juga bekerja di
kantor melaksanakan tugas yang menjadi tanggung jawabnya, dan sudah senang juga
melakukannya. Tahu-tahu semua itu berhenti, berakhir. Akalnya tidak bekerja
lagi. Kemudian Bapak menerima seperti yang akan Saudara terima di dalam
latihan. Bapak tidak mencari ilmu, karena tidak mempunyai guru atau pengajar.
Bapak hanya sekadar menerima, dan itu disebut Mukjizat Allah, Anugerah Tuhan.
Itu hanya diberikan kepada orang kalau orang itu tidak mencarinya, sepi ing
pamrih. Kalau seseorang menyerah dan pasrah dalam menerima Anugerah Tuhan,
maka Tuhan akan memberi Anugerah-Nya. Barangkali Saudara mendengar bahwa Eva
Bartok, bintang filem tersohor, dapat disembuhkan. Itu bukan Bapak yang
menolong atau menyembuhkannya. Bapak hanya menunjukkan cara berbakti kepada
Tuhan Allah, dan dia sembuh. Eva menjadi sehat, dan segala-galanya berakhir
dengan baik. Bapak hanya menunjukkan cara berbakti. Kesehatan seseorang adalah
perkara antara orang itu dan Tuhan Allah. Orang lain tidak dapat turut campur
tangan.
Sekarang mau atau tidaknya mengikuti latihan kejiwaan itu Bapak serahkan saja
kepada pendapat Saudara, karena dalam berbakti kepada Tuhan itu tidak boleh ada
paksaan. Segala-galanya harus bebas. Tapi siapa saja yang minta wajib
diberinya.
Selamat malam. Terima kasih.
http://www.subud.com/bahasa/sesorah,indo.html
Comments