Skip to main content

Perjalanan HPK (Himpunan Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa)

BKKI ( Badan Kongres Kebatinan Indonesia )
KONGRES
BKKI lahir pada tanggal 21 Agustus 1955, pada Kongres Kebatinan I di Semarang. Salah satu keputusan kongres adalah mengangkat Mr Wongsonegoro sebagai Ketua Umum BKKI. Di samping itu kongres menetapkan suatu semboyan : “ Sepi Ing Pamrih Rame Ing Gawe “, Memayu Hayuning Bawana, yang berarti bekerja keras yang dilandasi hati yang suci dan bersih demi keselamatan umat manusia dan dunia dengan menciptakan karya – karya yang besar. Dalam perkembangannya BKKI telah menyelenggarakan kongres beberapa kali yaitu :
Kongres IIberlangsung tahun 1956 di Surakarta, salah satu keputusan penting adalah telah dapat dirumuskan dan ditegaskan bahwa arti Kebatinan yang merupakan sumber Asas dan Sila Ketuhanan Yang Maha Esa untuk mencapai budi Pekerti luhur guna kesempurnaan hidup. Penegasan tersebut memberikan pemahaman bahwa BKKI sebagai organisasi adalah mengelola wadah, sedangkan kelompok – kelompok kebatinan mengelola isinya sesuai dengan identitasnya masing – masing. Oleh karena itu BKKI sebagai wadah menyerukan agar kelompok – kelompok kebatinan selalu memelihara dan memajukan para penganutnya dengan mengingat dasar – dasar yang telah ditetapkan bersama dalam BKKI.
Kongres III diselenggarakan pada tanggal 17 – 20 Juli 1958 di Jakarta, pada kongres ini mendapatkan kehormatan dengan hadirnya Bapak Presiden Republik Indnesia Ir Sukarno untuk memberikan sambutan / amanat.
 
Kongres IV berlangsung tanggal 22 – 24 Juli 1960 di Malang Jawa Timur. Hasil kongres terpenting adalah telah disahkannya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ( AD/ART ) BKKI. Dalam kongres ini juga dinyatakan bahwa tidak ada perbedaan prinsip antara Agama dan Kebatinan, tetapi justru memiliki kesamaan perintah ( Kebatinan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa ) dan Budi Pekerti Luhur.
 
Kongres V diselenggarakan tanggal 1 – 4 Juni 1963 di Ponorogo Jawa Timur. Dalam kongres V ini banyak harapan agar BKKI menampung rumusan filsafat, pandangan hidup bangsa dan turut menyelamatkan revolusi berdasarkan Pancasila. Hadir dalam kongres V wakil – wakil dari pemerintah yaitu : A.H Nasution dan Dr. H Roelan Abdulgani. Dalam pidato sambutannya A.H Nasution menekankan perlunya persatuan termasuk dalam bidang kebatinan dan mengharapkan agar kebatinan dapat mengikuti perkembangan Zaman, serta dapat dikupas secara ilmiah. Sedangkan sambutan Dr.H Roelan Abdulgani berisikan penegasan : Menolak pendapat yang menyatakan bahwa manusia adalah srigala bagi semua manusianya ( homo homuni lupus ), tetapi menyetujui pendapat yang menyatakan bahwa manusia adalah keramat bagi sesame manusianya ( homo sacra res homini ) untuk kemudian secara gotong royong ditingkatkan menjadi kawan sosial bagi sesame manusianya ( homo homini socius )
Pada Kongres VI yang sekiranya dijadwalkan akan berlangsung pada tahun 1965 gagal dilaksanakan karena terjadinya pemberontajkan G 30 S/PKI. Maka BKKI sebagai penyelenggara kongres menghentikan kegiatannya.
 
SEMINAR
Selain menyelenggarakan Kongres BKKI juga Melaksanakan Seminar Kebatinan :
Seminar I diselenggarakan tanggal 14 – 15 Nopember 1959 di Jakarta. Dalam Seminar I memperoleh perhatian besar dari Cedikiawan dan Agamawan. Di samping itu diperoleh persamaan persepsi antara pemeluk agama dan penganut kebatinan bahwa agama dan kepercayaan / kebatinan mempunyai tujuan yang sama, yaitu bertakwa dan menyembah kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Seminar II diselenggarakan pada tanggal 28 – 29 Januari 1961 di Jakarta. Dalam seminar ini kembali memperoleh perhatian besar para cendekiawan dan budayawan, mahasiswa dengan ditampilkannya fragmenRamayana oleh Ikatan Seni Tari Indonesia.
Seminar III diselenggarakan pada tanggal 11 Agustus 1962. dalam seminar ini, mencatat peristiwa penting dalam sejarah perkembangan kebatinan di Indonesia, karena penganut kebatinan menyatakan diri sebagai Golkar atas dasr Keputusan Badan Pekerja Pleno BKKI yang disampaikan oleh Mr Wongsonegoro.
BK5I ( Badan Koordinasi Karyawan Kerohanian, Kebatinan, Kejiwaan Indonesia)
Gagasan membentuk BK5I, di dorong adanya kondisi setelah wadah yang sejenis yaitu BKKI menghentikan kegiatannya karena terjadi tragedy nasional G30S / PKI. Dicantumkan dalam AD/ART BK5I, bahwa BK5I didirikan di Jakarta pada tanggal 25 Juli 1966. catatan penting bagi BKI sebagai wadah dari organisasi Kebatinan, Kejiwaan, Kerohanian adalah :
Diselenggarakan pertemuan BK5I bersama Sek Ber Golkar bertempat di Aula Gedung Staf Hankam, jalan Medan Merdeka Barat pada tanggal 28 Februari 1967. acara pokok pertemuan tersebut adalah : pelantikan dilakukan oleh ketua umum Sek Ber Golkar : Mayjen Sukowazti, dan dihadiri oleh Menteri sarino, Prof. Dr. Hm Rasyidi, Laksda DrAbdullah dan Mr Wongsonegoro.
Menyelenggarakan Simposium Kerohanian, Kebatinan, Kejiwaan pada tanggal 6 – 9 Nopember 1970.
Kemudian pada tanggal 27 – 30 Desember 1970, dengan bantuan Sek Ber Golkar menyelenggarakan Munas I Kebatinan, Kerohanian, Kejiwaan. Munas tersebut berhasil membuat wadah Nasional Tunggal bagi organisasi – organisasi Kebatinan, Kerohanian, Kejiwaan, dengan nama : Sekretariat Kerjasama Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Yang disingkat SKK.
SKK ( Sekretariat Kerjasama Kepercayaan Terhadap Tuhan Yanag Maha esa )
SKK dibentuk sebagai salah satu hasil Munas I Kepercayaan ( Kebatinan, Kerohanian, Kejiwaan ) yang diselenggarakan pada tanggal 27 - 30 Desember 1970. yang sekaligus menganti nama BK5I. Dan pada tanggal 30 Desember inilah sebagai awal dijadikannya hari Ulang Tahun HPK. Dalam Munas I Kepercayaan tersebut memperoleh sambutan tertulis dari Presiden RI yang dibacakan oleh Letjen Soerono selaku Panglima Kowilham II Jawa Madura. Dalam kegiatan selanjutnya SKK menyelenggarakan Munas II yang berklangsung pada tanggal 5 – 7 Desember 1974 di Purwokerto Jawa Tengah.
Selanjutnya SKK menyelenggarakan Munas II yang berlangsung pada tanggal 16 – 18 Nopember 1979. dalam mMunas II inilah atas prakarsa bapak Amir Murtono ( Ketua Umum DPP Golkar ) lahir Himpunan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa ( HPK ) untuk menganti nama SKK.
HPK ( Himpunan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa )
Suatu kenyataan bahwa lahirnya HPK melalui proses musyawarah penggantian nama wadah yang ada sebelumnya, yaitu BKKI, BK5I, dan SKK. HPK sebagai wadah bagi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa mencatat perkembangan perjalanan hidupnya dapat dilihat dari periodesasi keberadaannya.
pada periode tahun 1979 – 1984, HPK masih dalam tahap pemantapan diri.
kemudian pada periode 1984 – 1989, HPK mengawali kegiatannya dengan menyelenggaraka Munas Kepercayaan IV yang berlangsung pada tanggal 20 – 22 April 1989 di Cibubur Jakarta. Dan berhasil membuat rumusan – rumusan, pernyataan dan penyempurnaan organisasi. Serta menyatakan suatu prasetya yaitu :
tetap setia kepada Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan bertanggung jawab serta wajib menghayati, mengamalkan, dan melestarikannya dalam kehidupannyata sehari – hari secara lahir bathin, oleh karena Pancasila dan UUD 1945 benar – benar memberikan pencerminan dan jaminan hidup yang mandiri, sesuai dengan Kebudayaan dan kepribadian bangsa Indonesia.
Tetap setia melestarikan cita – cita Proklamasi 17 Agustus 1945 sebagaimana tersurat dan tersirat dalam Pancasila dan UUD 1945.
Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa tetap Manunggal dengan Pancasila dan UUD 1945, Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Kami Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa merasa wajib meningkatkan peran serta aktif dal;am pembangunanNasional berdasrkan Pancasila dan UUD 1945.
Sejak berdirinya tahun 1979 s.d. periode 1989, HPK dipimpin oleh Bapak Zahid Hussein. Pada tanggal 18 – 20 Desember 1989, DPP HPK dengan Badan Pekerja Munas HPK menyelenggarakan Munas V di Kaliurang Jogjakarta. Dalam Munas HPK V tersebut terjadi Deadlock. Sehingga sampai tahun 2000 tidak terbentuk kepengurusan DPP HPK.
 
Karena tidak berjalannya organisasi maka atas desakan para kadang penghayat maka pada tanggal 11 – 12 Oktober 2001 bertempat di Hotel Quality Solo Jawa Tengah diadakan Munas VI HPK yang dihadiri Direktur Jenderal Bina Kesatuan Bangsa, Bapak Muhanto AQ. Pada Munas VI menghasilkan beberapa keputusan :
 
Menunjuk Bapak Drs Koesoemo Hartami menjadi KetuaUmum DPP HPK, Bapak Drs.Ec.KRA. Basuki Adinagoro., SH sebagai Sekretaris Jenderal DPP HPK, dan Menunjuk Saudara Drs Wahyu Santoso Hidayat sebagi Bendahara DPP HPK. Serta memilih Brigjen.Purn. H. Zahid Husein sebagai Ketua Paranpara.
Pada Munas VI ini HPK membuat pernyataan sikap melalui sebuah memorandum yaitu :
Memorandum Munas VI HPK yang ditujukan kepada Pimpinan dan Anggota MPR RI dan DPR RI. Dengan menyatakan sikap Pertama untuk tidak mengamandemen Pembukaan Undang – Undang Dasar 1945, Kedua tidak perlu mengamandemen Pasal 28 dan Pasal 29 UUD 1945, karena kedua pasal tersebut merupakan Landasan Konstitusional bagi Eksistensi dan Hak hidup Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Ketiga mengembalikan Eksistensi dan Hak Hidup Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang bebas dan merdeka, dengan membuat TAP MPR yang baru, minimal seperti yang telah ditetapkan dalam TAP MPR No. II/MPR/1978 dan TAP MPR No.II/MPR/1993.
Memorandum Munas VI HPK yang ditujukan kepada Presiden Republik Indonesia dengan menyatakan : Pertama berkenan mencabut Intruksi Presiden No. 12 Tahun 1968 yang berisikan sila sila Pancasila dengan penomoran 1 – 5 , dan menggatinya dengan Instruksi Presiden yang baru , yang memuat rumusan Pancasila seperti yang terdapat pada Pembukaan Undang – Undang Dasar 1945, Kedua berkenan membentuk Direktorat Jenderal Pembianaan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Ketiga berkenan, mengembalikan, menjaga dan mengembangkan Eksistensi dan Hak Hidup Kepercayaan Kepada Tuhan Yang Maha Esa seperti yang terdapat pada Kepres No. 27/1978 ( jo No. 40/1978 ) serta Undang – Undang No. 8/1985, Keempat berkenan bersama – sama dengan DPR RI untuk meninjau kembali dan mencabut segala Produk Peraturan dan / atau perundangan tentang Kehidupan Agama / atau Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yang ternyata isinya bertentangan atau tidak sesuai lagi dengan Nilai – nilai Dasar Pancasila UUD 1945, khususnya Pasal 28 dan Pasal 29.
Sebagaimana yang tertuang dalam AD / ART HPK yang telah disempurnakan dalam Munas VI HPK, disebutkan bahwa HPK merupakan lanjutan dari Sekretariat Kerjasama Kepercayaan ( SKK ) yang didirikan pada tanggal 30 Desember 1970, dan sekaligus ditetapkan sebagai hari Kelahiran ( Ulang Tahun ) HPK. Lebih lanjut disebutkan bahwa : HPK adalah Organisasi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Nasional bagi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa, yang mengabdikan diri khususnya di bidang Budaya Spiritual dalam rangka penghayatan dan pengamalan kepercayaan terhadap Tuhan Ynag Maha Esa, dengan menerima adanya perbedaan tetapi bersatu dalam kesamaan dan tidak mencampuri urusan penghayatan internal anggota. HPK bersifat mandiri dan dapat bekerja sama dengan organisasi dan masyarakat lain, dan berfungsi sebagai penghimpun dan pembimbing, membina kerjasama dan menyalurkan aspirasi,serta menjebatani antara kepentingan masyarakat penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dengan golongan masyarakat lainnya, atau dengan MPR RI atau DPR RI dan Pemerintah.
 
Pada periode kepemimpinan Bapak Koesoema Hartami HPK juga mengalami pasang surut dimana kepengurusan tidak dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan kadang penghayat dan hasil Munas VI HPK. Serta mundurnya pelaksanaan Munas VII HPK yang dijadwalkan tahun 2006 menjadi tahun 2008.
Karena tidak adanya komunikasi dan kecewanya para kadang penghayat serta situasi dan kondisi Negara, maka pada tanggal 29 – 30 Juli 2008 bertempat di Hotel Desa Wisata Taman Mini Indonesia Indah Jakarta, diselenggarakan  
Munas VII HPK atas peran serta dari perguruan TRIJAYA Padepokan Argasonya Pusat Tegal serta difasilitasi pendanaannya oleh Bapak Etiko Kusjatmiko SH, dari Perguruan TRIJAYA yang juga sekaligus ketua Panitia Munas VII HPK. Pada Munas VII HPK ini berlangsung dengan baik dan sukses, dan menghasilkan keputusan dengan memilih KRA ESNO KUSNODHO SURYANINGRAT sebagi ketua Umum terpilih. Dimasa kepemimpinannya yang baru beberapa bulan telah berhasil menyelenggarakan RAKERNAS I 2008 pada hari Sabtu Pon s.d Minggu Legi, tanggal 6 – 7 Desember 2008 bertempat di Padepokan Wulan Tumanggal Kecamatan bojong Kabupaten Tegal Jawa Tengah.
 
MUNAS ke VIII Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa (HPK) diselenggarakan di  Pedepokan Wulan Tumanggal - Tegal Jawa Tengah, pada tanggal 29 dan 30 Juni 2013 dengan mengambil tema “Kecerdasan Spiritual Dan Seni Budaya Bersatu Melahirkan Pemimpin Dunia”. Dalam Munas ini terpilih Aa Sudirman sebagai ketua DPP HPK Periode 2013-2018

Comments

Popular posts from this blog

Belajar dari Wirid Wirayat Jati Ronggowarsito

Banyak orang yang tidak tahu apa sih ilmu sejati itu? Banyak para salik yang mencari suluk untuk mendapatkan ilmu sejati yakni ilmu kasampurnan (kesempurnaan) hidup. Tidak ada salahnya jika kita belajar ilmu kasampurnaan hidup itu dari Raden Ngabehi Ronggowarsito dari Serat Wirid Wirayat Jati yang ditulisnya. Bagaimana ilmu kasampurnan itu? Anênggih punika pituduh ingkang sanyata, anggêlarakên dunung lan pangkating kawruh kasampurnan, winiwih saking pamêjangipun para wicaksana ing Nungsa Jawi, karsa ambuka pitêdah kasajatining kawruh kasampurnan, tutuladhan saking Kitab Tasawuf, panggêlaring wêjangan wau thukul saking kawêningan raosing panggalih, inggih cipta sasmitaning Pangeran, rinilan ambuka wêdharing pangandikaning Pangeran dhatêng Nabi. Musa, Kalamolah, ingkang suraosipun makatên: Ing sabênêr-bênêre manungsa iku kanyatahaning Pangeran, lan Pangeran iku mung sawiji. (Inilah sebuah petunjuk benar yang menjelaskan ilmu sirr kesempurnaan hidup, yang berakar dari

PRIMBON JAWA LENGKAP

Sistim Penanggalan Jawa Sistim Penanggalan Jawa lebih lengkap dan komprehensif apabila dibandingkan dengan sistim penanggalan lainnya, lengkap dan komprehensifnya adalah suatu pembuktian bahwa ketelitian Jawa dalam mengamati kondisi dan pengaruh seluruh alam semesta terhadap planet bumi seisinya termasuk pengaruh kepada pranatan kehidupan manusia, dapat disampaikan antara lain adanya rumusan tata penanggalan jawa sebagai berikut : 1. Pancawara – Pasaran; Perhitungan hari dengan siklus 5 harian : 1. Kliwon/ Kasih 2. Legi / Manis 3. Pahing / Jenar 4. Pon / Palguna 5. Wage / Kresna/ Langking 2. Sadwara – Paringkelan, Perhitungan hari dengan siklus 6 harian 1. Tungle / Daun 2. Aryang / Manusia 3. Wurukung/ Hewan 4. Paningron / Mina/Ikan 5. Uwas / Peksi/Burung 6. Mawulu / Taru/Benih. 3. Saptawara – Padinan, Perhitungan hari dengan siklus 7 harian : 1. Minggu / Radite 2. Senen / Soma 3. Selasa / Anggara 4. Rebo / Budha 5. Kemis / Respati 6. Jemuwah / Sukra 7. Setu / Tumpak/Sa

Agama asli jawa Indonesia

HONG WILAHENG NGIGENO MESTUTI, LUPUTO SARIK LAWAN SANDI, LUPUTO DENDANING TAWANG TOWANG, DJAGAD DEWO BATORO HJANG DJAGAD PRAMUDITO BUWONO LANGGENG AGOMO BUDDODJAWI-WISNU hing TANAH DJOWO ( INDONESIA ) ---oooOooo--- Lambang Cokro Umbul - Umbul Klaras            Wiwitipun ngadeg Agami Buddodjawi-Wisnu wonten ing Suroboyo, nudju dinten Tumpak cemengan (Saptu Wage), tanggal kaping 11 Palguno 1856. (Djumadilawal) utawi tanggal 25 November 1925 mongso kanem, windu sengsoro, Tinengeran condro sangkolo. Ojaging Pandowo Angesti Buddo 1856. Utawi tahun Ismoyo 8756.            Tujuan Agami Buddodjawi-Wisnu anenangi soho angemuti dumateng Agami soho Kabudayan kita ing Indonesia ingkang asli soho murni, kados dene wontenipun negari Modjopait sapanginggil sederengipun wonten Agami penjajahan. Agami Buddodjawi-wisnu puniko mengku punjering Kabudayan Nasional ingkang asli soho murni ing Indonesia. Dene Punjering Kabudayan wau ingkan ngawontenaken adat t