Skip to main content

Mengenang Gus Dur: Jejak Guru Perdamaian

Penulis: Andreas Kristianto 00:00 WIB | Senin, 05 Januari 2015


SATUHARAPAN.COM – Seorang teolog katolik, Hans Kung, pernah mengungkapkan, tidak ada perdamaian antarbangsa tanpa perdamaian antaragama, tidak ada perdamaian antaragama tanpa dialog antaragama. Ucapan Hans Kung mengingatkan kita bahwa agama memiliki peran dan tanggung jawab yang besar di dalam membangun peradaban dunia. Agama mejadi mati dan ‘mandul’, apabila hidup dalam sekat-sekat primodialisme. Dia (baca: agama) menjadi kering, tanpa ruh, tanpa napas, kaku, apabila tidak bersinggungan dengan dunia. Agama bisa menjadi cahaya lampu yang redup, atau bisa saja lenyap dan pelan-pelan tenggelam. Sejatinya, Lebih baik menyalakan lilin daripada mengutuki kegelapan pekat.
Gus Dur adalah ‘lilin’ dan sekaligus ‘obor’ yang kiprah perjuangannya tidak akan pernah pudar. Beliau sadar bahwa tugas dan tanggung jawab sebagai orang Indonesia adalah menyepakati Pancasila yang merupakan satu-satunya falsafah negara yang mempersatukan masyarakat umat beragama dalam bingkai NKRI. Gus Dur seperti ‘lilin’ dan ‘obor’ yang menerangi perjuangan masyarakat Indonesia untuk tetap mempertahankan kebhinekaan. Dia mengedepankan keteladanan yang santun, mengedepankan persatuan dan kesatuan agar umat tetap rukun dan harmonis dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.
Tanggal 30 desember kemarin, kita memperingati Haul Gus Dur yang ke-5. Beliau adalah perancang keberagaman Indonesia yang semua kiprahnya adalah untuk membimbing umat ke arah yang lebih baik terutama dalam kerukunan, persatuan dan kesatuan. Sebab faktor konflik dan disharmonisasi selama ini diakibatkan karena munculnya ketidaksepahaman yaitu banyak orang yang memuliakan Tuhan, tetapi tidak menyayangi sesama manusia.
Gus Dur adalah tokoh yang menjadi pelopor di dalam dialog antaragama/ antariman. Selama ini memang dialog-dialog agama sudah banyak dan sering dilakukan. Tetapi kalau diamati dengan benar-benar, apakah hasilnya sudah nampak, terutama dalam kehidupan umat? Pantas dicatat bahwa yang sering terjadi dalam dialog-dialog tersebut ialah dialog mengenai ajaran agama, mencari kebenaran dan hal-hal yang bersifat pembenaran semata, mencari tahu siapa yang lebih benar. Memang harus diakui bahwa pasti ada perbedaan dalam ajaran/doktrin agama, meskipun ada juga titik-titik temunya. Gus Dur pernah mengatakan, justru di tengah perbedaan itulah, kita dapat mengetahui dimana letak titik persatuan kita.
Pada hemat saya, Gus Dur memberlakukan “dialog antariman” di tengah realitas masyarakat Indonesia yang plural ini. Bukan hanya dialog “inter-religions ” saja tetapi “inter-faith” yang lebih mendalam sifatnya. Melalui dialog antariman, umat akan dibawa ke arah yang bukan semata-mata ”having religion ” tetapi lebih dalam lagi yaitu ”being religious ”, yang nanti akan memuncak pada ”being inter religious”. Inilah situasi ideal yang kita kehendaki dalam kehidupan bersama umat beragama, yang sekaligus juga umat berbangsa dan bernegara Indonesia. Tentu ini menjadi harapan Gus Dur untuk masa depan Indonesia yang cinta damai.
Gus Dur, yang selama hidupnya telah banyak menanamkan budi, beliau seperti bunga mawar, yang harum, berwarna merah dan indah dilihat. Kalau toh, mawar itu mati dan lisut, harumnya tidak akan pernah sirna. Beliau tidak akan pudar, kenangan, berjuta perjuangan, pembelaan terhadap ’wong cilik’ menjadikannya seperti angin yang mengelana. Dia (baca: Gus Dur) juga seperti api yang kenangannya ’menyala’ dan menghangatkan jiwa para penerusnya. Dia melakukan tindakan saleh dengan hati tulus, tanpa pamrih bak ksatria yang melakukan semua itu karena dia mencintai Indonesia.
Di tepi makam, saya masih berujar demikian, benarkah dia sudah dimakamkan? Karena sebaiknya dan seharusnya dia masih hidup di bumi pertiwi ini. Perjuangan kemanusiaan, demokrasi dan keadilan belum selesai. Hatinya menyala-nyala bagai obor yang hidup, mencoba menelisik kembali jejak guru bangsa, dan sekaligus guru spiritual. Kata kunci untuk mengenang dirinya adalah ’tulus’ ’nirpamrih’, ’menolong’ dan ’manusia’. Meskipun raga sudah tiada, tetapi nilai-nilai yang diwariskannya tetap lestari dan diperjuangkan oleh penerusnya. Ingatan manusia tidak akan lupa sosok guru bangsa yang toleran ini.
Banyak pesantren di Jawa Timur yang terus menerus hingga hari ini, mengadakan tahlilan, doa bersama lintas iman untuk mengenang Alm. Gus Dur. Tidak ada paksaan, tidak ada yang menyuruh, dan tidak ada yang membayar. Semua itu di lakukan demi cintanya kepada Gus Dur dan cintanya kepada Indonesia. Ketaatan itu murni, tidak digerakkan dan diiming-imingi ’hadiah’ tertentu, tetapi semua itu buah dan budi perjuangan Gus Dur. Kepergiannya memberi kita pelajaran: ketulusan dibayar dengan ketulusan. Kebaikan dibalas dengan kebaikan.
Gus Dur memberikan kita sebuah contoh bagaimana kita hidup sebagai agama di Indonesia ini. Beliau mengajarkan dialog kehidupan yaitu dialog yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Selain dialog kehidupan, beliau juga mengajarkan dialog karya, yaitu bekerjasama untuk masalah-masalah sosial dan tujuan tertentu di masyarakat dan yang terakhir, dialog autentik, yaitu dimana partner-partner yang dialog itu duduk bersama, mendialogkan hal-hal yang sudah disepakati sebelumnya dengan hati yang tulus, ikhlas dan penuh cinta kasih.
Mengapa kita harus berdialog? Karena dasarnya jelas bahwa Allah itu adalah Allah yang dialogis. Allah yang memanggil ciptaan-Nya, manusia untuk menjadi mitra-Nya, menjadi hamba-Nya, menjadi pelayan-Nya. Sama seperti penciptaan Adam yang artinya manusia dalam kebersamaan.
Find your Gus Dur’s spirit and be an instrument of peace!
Gus Dur mengajarkan kepada kita bahwa dialog harus lebih mengutamakan manusia (’people to people dialogue’) daripada wakil suatu agama dengan wakil agama lain. Sama seperti di dalam ajaran Islam, yang dikenal istilah ”dalihan na tolu” yang di dalamnya ada kebersamaan, percakapan, makan bersama dan semuanya itu berintikan komunikasi/ dialog. Dengan dialog, manusia menyadari bahwa dirinya tidak sendiri, tetapi hidup bersama dengan yang lain. Karena manusia adalah khalifah Allah (Q.S. 2 : 30) yang menyadari bahwa dirinya selalu ada pihak lain di samping dirinya, yang kepadanya ia harus berdialog. Semua umat manusia dan mengaku dirinya beragama mempunyai panggilan untuk berdialog sesuai dengan hakekat kemanusiaannya dan juga hakekatnya di tengah masyarakat.
Bagi Gus Dur, hidup bukan sekadar soal aturan/ ”apa aturan mainnya”, namun bagaimana ”bermain” dengan hati yang terarah pada TUHAN dalam suasana batin penuh syukur dan karya bening penuh kebajikan moral. Itulah buah-buah spiritualitas sang guru bangsa. Jadi mendidik orang di jalan damai bukan sekedar soal ”lakukan ini dan itu sebagai pendidik” namun ”lakukan ini dan itu dalam kesadaran akan penghayatan TUHAN atas hidup si pendidik dalam segala lembah dan gunungnya, sehingga membuah dalam ucapan dan tindakan yang gembira, bersih dan menghadirkan pengaruh positif bagi orang/anak/murid sedemikian rupa sehingga tercipta sistem yang kondusif bagi mekarnya potensi perdamaian di dalam diri nara didik”. Ada Adagium yang mengatakan begini, ”si vis pacem para orthodoxy, orthopraxy et orthospiritus?” : ”Jika menginginkan damai, siapkanlah ajaran yang benar, tindakan yang benar dan spiritualitas yang benar”.
Dimulai dan diteladankan dari dan oleh diri sendiri, dan dibagikan kepada sesama dalam segala realitas, di rumah, sekolah, di tempat kerja dan di ladang dunia ini. Memang sulit, tidak mudah tapi bukan mustahil, bukan khayalan. Yang diperlukan adalah kesungguhan memperjuangan nilai perdamaian dengan hati penuh syukur, bukan dengan hati muram. Yang diperlukan adalah memperjuangan perdamaian dengan keteladanan dalam segala aspek kehidupan dan bukan dengan keahlian retorika. Ingat, perdamaian bukan soal jualan pepesan kosong. Yang diperlukan bukan kepandaian mempengaruhi orang lain dengan segala macam janji dan orasi, melainkan dengan bukti dalam buah kehidupan sendiri dan memeliharanya dalam sistem edukasi.
Di mana semua itu di mulai? Jawabnya adalah, Find your Gus Dur’s spirit in your heart. Banyak orang datang ke makamnya, menaburkan bunga, berdoa, tetapi tidak menemukan spiritnya. Tidak mendapatkan semangat dan daya juangnya. Ia (baca : Gus Dur) mengingkan para GUSDUR-ian dimanapun berada mewarisi keteladannya dan dunia ini membutuhkan karya damai.
Temukan itu. Mungkin saja tempat itu tak jauh dari tempat Anda. Malah mungkin saja, tempat itu adalah di rumah Anda sendiri, di tempat di mana Anda sendiri kini berada. Di situlah panggilan hidup sebagai pendamai yang penuh syukur dan menjaga kualitas moral di butuhkan. Find your Gus Dur’s spirit and be an instrument of peace!

Penulis adalah calon pendeta GKI Jombang dan menjadi aktivis GUSDUR-ian Jombang

 http://www.satuharapan.com/read-detail/read/mengenang-gus-dur-jejak-guru-perdamaian

Comments

Popular posts from this blog

Belajar dari Wirid Wirayat Jati Ronggowarsito

Banyak orang yang tidak tahu apa sih ilmu sejati itu? Banyak para salik yang mencari suluk untuk mendapatkan ilmu sejati yakni ilmu kasampurnan (kesempurnaan) hidup. Tidak ada salahnya jika kita belajar ilmu kasampurnaan hidup itu dari Raden Ngabehi Ronggowarsito dari Serat Wirid Wirayat Jati yang ditulisnya. Bagaimana ilmu kasampurnan itu? Anênggih punika pituduh ingkang sanyata, anggêlarakên dunung lan pangkating kawruh kasampurnan, winiwih saking pamêjangipun para wicaksana ing Nungsa Jawi, karsa ambuka pitêdah kasajatining kawruh kasampurnan, tutuladhan saking Kitab Tasawuf, panggêlaring wêjangan wau thukul saking kawêningan raosing panggalih, inggih cipta sasmitaning Pangeran, rinilan ambuka wêdharing pangandikaning Pangeran dhatêng Nabi. Musa, Kalamolah, ingkang suraosipun makatên: Ing sabênêr-bênêre manungsa iku kanyatahaning Pangeran, lan Pangeran iku mung sawiji. (Inilah sebuah petunjuk benar yang menjelaskan ilmu sirr kesempurnaan hidup, yang berakar dari

PRIMBON JAWA LENGKAP

Sistim Penanggalan Jawa Sistim Penanggalan Jawa lebih lengkap dan komprehensif apabila dibandingkan dengan sistim penanggalan lainnya, lengkap dan komprehensifnya adalah suatu pembuktian bahwa ketelitian Jawa dalam mengamati kondisi dan pengaruh seluruh alam semesta terhadap planet bumi seisinya termasuk pengaruh kepada pranatan kehidupan manusia, dapat disampaikan antara lain adanya rumusan tata penanggalan jawa sebagai berikut : 1. Pancawara – Pasaran; Perhitungan hari dengan siklus 5 harian : 1. Kliwon/ Kasih 2. Legi / Manis 3. Pahing / Jenar 4. Pon / Palguna 5. Wage / Kresna/ Langking 2. Sadwara – Paringkelan, Perhitungan hari dengan siklus 6 harian 1. Tungle / Daun 2. Aryang / Manusia 3. Wurukung/ Hewan 4. Paningron / Mina/Ikan 5. Uwas / Peksi/Burung 6. Mawulu / Taru/Benih. 3. Saptawara – Padinan, Perhitungan hari dengan siklus 7 harian : 1. Minggu / Radite 2. Senen / Soma 3. Selasa / Anggara 4. Rebo / Budha 5. Kemis / Respati 6. Jemuwah / Sukra 7. Setu / Tumpak/Sa

Agama asli jawa Indonesia

HONG WILAHENG NGIGENO MESTUTI, LUPUTO SARIK LAWAN SANDI, LUPUTO DENDANING TAWANG TOWANG, DJAGAD DEWO BATORO HJANG DJAGAD PRAMUDITO BUWONO LANGGENG AGOMO BUDDODJAWI-WISNU hing TANAH DJOWO ( INDONESIA ) ---oooOooo--- Lambang Cokro Umbul - Umbul Klaras            Wiwitipun ngadeg Agami Buddodjawi-Wisnu wonten ing Suroboyo, nudju dinten Tumpak cemengan (Saptu Wage), tanggal kaping 11 Palguno 1856. (Djumadilawal) utawi tanggal 25 November 1925 mongso kanem, windu sengsoro, Tinengeran condro sangkolo. Ojaging Pandowo Angesti Buddo 1856. Utawi tahun Ismoyo 8756.            Tujuan Agami Buddodjawi-Wisnu anenangi soho angemuti dumateng Agami soho Kabudayan kita ing Indonesia ingkang asli soho murni, kados dene wontenipun negari Modjopait sapanginggil sederengipun wonten Agami penjajahan. Agami Buddodjawi-wisnu puniko mengku punjering Kabudayan Nasional ingkang asli soho murni ing Indonesia. Dene Punjering Kabudayan wau ingkan ngawontenaken adat t