Skip to main content

Seni Bangun Masa Hindu-Buddha di Jambi



Oleh : Soeroso M. P.
Peninggalan di Sepanjang Sungai Batanghari
Ketika tahun 1820 Kapten S. C. Crooke yang berkebangsaan Inggris pertama kali mengunjungi peninggalan-peninggalan di Muara Jambi, ia melaporkan bahwa "Muara Jambi merupakan bekas kota, yang memiliki sejumlah runtuhan bangunan bata dan batu yang berisi sejumlah arca dan relief lainnya". Dalam jangka waktu 117 tahun kemudian, catatan S. C. Crooke tersebut dikutip kembali oleh Schnitger pada saat ia mengunjungi situs ini sekitar tahun 1936. Dalam laporan Schnitger juga disebutkan temuan lain, di antaranya sebuah arca gajah yang telah patah gadingnya. Meskipun dari peninjauan T. Adam tahun 1921-1922 juga dicatat peninggalan yang ada di wilayah seperti Candi Astano (Stano), Candi Gedong I dan Candi Gedong II, serta Candi Tinggi, tetapi karya Schnitger yang berjudul The Archaeology of Hindoo Sumatra, yang ditulis tahun 1937, dianggap sebagai catatan terlengkap untuk peninggalan di situs ini.
Selain mencatat temuan-temuan yang terdapat di permukaan, Schnitger juga melakukan sejumlah penggalian. Hasil dari penggalian di Candi Gumpung misalnya dilaporkan tentang temuan pintu masuk di bagian sisi timur, serta sebuah ruangan dengan tangga naik yang telah runtuh dan sebuah teras di depan. Dengan melihat detil-detil bagian bangunan yang masih melekat, Schnitger memperkirakan bangunan-bangunan tersebut paling tidak didirikan pada abad ke-9 atau ke-12 M (Schnitger, 1937: 6).
Keterangan lain yang menarik dari Schnitger juga mengenai temuan kepala arca Buddha dari Muara Jambi pada tahun 1906 yang pada tahun 1920 dipindahkan ke Penang. Arca tersebut dinilai sangat indah dan memiliki kemiripan dengan yang ditemukan di Vieng Sa, bergaya seperti arca-arca India Utara. Lebih lanjut juga dicatat adanya sebuah arca Nandi. Dari yang bersifat Hindu itu akhirnya ia berpendapat adanya penganut Siwaisme di Kompleks Percandian Muara Jambi(ibid.: 5).
Delapan belas tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1954, sebuah rombongan dari Dinas Purbakala diketuai oleh Drs. R. Soekmono kembali melakukan perjalanan penting ke wilayah Sumatra Selatan dan Jambi. Dari kunjungan singkat mereka di Muara Jambi, selain sisa bangunan Candi Gumpung, Candi Tinggi, serta Candi Astano, juga ditemukan dua buah batu yang disebut “batu catur”, karena bentuknya yang tinggi seperti buah catur. Dapat dipastikan bahwa batu tersebut adalah lapik arca. Dari hiasannya yang berbentuk teratai, mudah diduga bahwa lapik semacam itu berasal dari masa Singasari (Puslit Arkenas, 1985: 15). Berangkat dari kemiripan-kemiripan tersebut akhirnya berkembang pendapat bahwa bangunan-bangunan di Muara Jambi berasal, atau setidak-tidaknya berkembang sejaman dengan berkembangnya kerajaan Singasari di Jawa Timur pada sekitar abad ke- 13. Pandangan tersebut telah menggeser waktu sedikit lebih muda dari pendapat yang diajukan oleh Schnitger tujuh belas tahun sebelumnya yang memperkirakan bahwa bangunan-bangunan Muara Jambi berasal dari abad ke-11 atau ke-12 (Schnitger, 1937: 6).
Upaya Schnitger melakukan ekskavasi yang tidak sistematis terhadap Candi Gumpung, Candi Astano, Candi Tinggi, dan Candi Gedong, meskipun hanya sebagian kecil yang dibuka, tetapi telah meruntuhkan dinding-dindingnya sehingga makin mengacaukan gambaran tentang denah candi yang sesungguhnya. Keadaan ini diperparah oleh sejumlah lubang-lubang bekas penggalian liar khususnya di Candi Astano beberapa waktu kemudian. Dilaporkan pula oleh penduduk setempat bahwa sejumlah besar batu-batu candi pernah pula diangkut ke desa seberang Muara Jambi untuk pembangunan salah satu bangunan umum.
Setelah 25 tahun sejak kunjungan R. Soekmono tahun 1956, barulah mulai tahun 1980 peninggalan- peninggalan yang terdapat di Muara Jambi ini diperhatikan kembali. Upaya membersihkan gundukan- gundukan tanah, baik yang jelas merupakan sisa bangunan, ataupun gundukan-gundukan tanah yang tertutup semak belukar dan dicurigai merupakan sisa bangunan, berhasil meyakinkan bahwa situs Muara Jambi merupakan kompleks yang sangat luas dan padat dengan tinggalan-tinggalan bangunan keagamaannya. Jika penggalian Schnitger pada tahun 1936 hanya tercatat tidak lebih dari 6 hingga 8 bangunan, ternyata jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibanding dengan yang tercatat hingga saat ini, yaitu tidak kurang dari 40 sisa bangunan, baik besar maupun kecil. Gugusan-gugusan bangunan tersebut ada yang berdiri sendiri terpisah dari yang lain, dan ada pula yang mengelompok membentuk kesatuan atau gugusan.
Masyarakat setempat menyebut bangunan-bangunan itu dengan nama “Manapo”, tidak jauh berbeda seperti halnya masayarakat Tapanuli menyebut “Biaro” untuk bangunan-bangunan kuno yang terdapat di dataran Padang Lawas, Tapanuli Selatan. Kalau “Biaro” dalam pengertian ini dapat dicari padanannya dengan “biara” atau “wihara” yang berarti “bangunan suci berlatar belakang agama Buddha”, maka mungkinkah kata “Manapo” juga dapat dikembalikan pada asal katanya yaitu “Mandapa” yang juga berarti “kuil”, atau “paviliun”? (Monier Williams, 1899: 775; Acharya, 1927: 53).
Tidak jauh berseberangan dengan situs Muara Jambi, juga terdapat peninggalan lain, yaitu Candi Teluk. Dibandingkan dengan candi yang ada di Muara Jambi, Candi Teluk, yang terletak di Desa Kemingking Luar, Kecamatan Marosebo, saat ini nyaris hilang dari peta kepurbakalaan karena terlanggar oleh bangunan pabrik baja yang ada di dekatnya. Suatu upaya untuk menyelamatkan situs ini dari kerusakan yang lebih parah tampaknya sia-sia, padahal dari hasil survai menunjukkan bahwa telah ditemukan ribuan pecahan keramik dan gerabah yang hampir sebagian besar berasal dari sekitar abad ke-13.
Menyusuri Sungai Batanghari ke arah hulu, tepatnya di wilayah Kotamadya Jambi juga ditemukan sisa-sisa bangunan bata yang lebih umum dikenal dengan nama Candi Solok Sipin. Penggalian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional pada tahun 1982 berhasil menampakkan seluruh sisa yang ada. Dapat diketahui bahwa situs ini hampir 90% telah hilang atau rusak, sehingga tidak mungkin denahnya dikenali kembali. Adanya sisa bangunan di Solok Sipin tidaklah mengherankan karena di daerah ini pernah ditemukan sebuah makara yang berangka tahun 1064 M, dan menyebut seseorang yang bernama Mpu Dharmmawira, sebuahstambha setinggi 1,40 meter, serta sebuah arca Buddha berdiri (kini disimpan di Museum Nasional) yang di bagian belakangnya menyebut nama “̣daŋ ācāryya syụta” (Suleiman, 1985: 100). Dari temuan-temuan tersebut jelas bahwa Candi Solok Sipin merupakan bangunan keagamaan yang bernafaskan agama Buddha.
Perjalanan lebih ke hulu membawa kita memasuki wilayah Sumatra Barat, tepatnya di Padang Roco. Dalam perspektif arkeologi, dari Padang Roco inilah dahulu ditemukan arca Bhairawa setinggi 4,41 meter yang lebih dikenal dengan nama Bhairawa Sungai Langsat (kini disimpan di Museum Nasional) yang dianggap sebagai arca perwujudan Raja Ādityawarman.
Hanya beberapa meter dari tempat ditemukannya arca tersebut juga ditemukan sisa sebuah bangunan
bata, dan beberapa puluh meter agak ke pedalaman juga terdapat sebuah gundukan tanah yang lebih tinggi dibandingkan dengan permukaan tanah di sekitarnya. Dari penggalian Schnitger pada tahun 1935 dapat ditampakkan denah sebuah bangunan yang berukuran 20 x 20 meter dengan 4 pintu masuk di keempat sisinya. Hal yang paling menarik dari laporan Schnitger itu adalah tentang adanya dua lapisan dinding bangunan, yang melekat antara yang satu terhadap yang lain sehingga diduga bahwa candi ini dibangun dalam dua tahap. Penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional sekitar tahun 1994 juga berhasil menemukan dua candi yang lain di dekatnya, yang diperkirakan sebagai candi perwara. Agak lebih ke hulu dari Padang Roco, dengan menyusur hulu Sungai Batanghari, sampailah kita di Desa Kampung Sawah, Sinjunjung, Sumatra Barat. Di tempat inilah baru-baru ini ditemukan sejumlah sisa bangunan bata yang diperkirakan juga merupakan bangunan candi.
Agak ke hulu lagi, tepatnya di Desa Siguntur juga ditemukan gundukan-gundukan tanah yang oleh penduduk setempat disebut dengan nama “munggu”, yang artinya ‘tanah yang tinggi‘. Penggalian yang dilakukan oleh Suaka Perlindungan dan Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakaka Sumatra Barat pada dua buah gundukan yang ada, dapat membuktikan bahwa gundukan-gundukan tanah tersebut merupakan sisa bangunan candi. Munggu I misalnya meskipun tinggal bagian fondasi dan sebagian kecil bagian kaki candi, namun dapat diketahui bahwa bangunan itu menghadap ke timur dengan denah berukuran 7,40 x 6,60 meter. Pada Munggu IV meskipun hanya menemukan bata-bata yang telah runtuh tidak beraturan tetapi mudah diduga bahwa bata-bata tersebut merupakan sisa bangunan sehingga ‘munggu-munggu‘ yang lain pun tentunya juga merupakan sisa bangunan. Bahkan perjalanan lebih ke hulu lagi akan sampai ke Rambahan, tempat ditemukannya arca Amoghapāśha yang diduga juga menyisakan sisa-sisa bangunan candi.
Dengan menyusuri daerah aliran Sungai Batanghari dari hulu hingga muara tanpa dibatasi oleh batas- batas administratif, telah membawa fantasi kita pada peta daerah aliran Sungai Batanghari di masa lalu yang banyak terisi titik-titik penting yang pernah menjadi pusat-pusat kegiatan manusia. Mengapa manusia masa lalu cenderung memilih dekat sungai sebagai lokasi dalam menjalankan kegiatannya, antara lain karena adanya sumber daya alam yang sangat penting bagi komoditi masa itu, yaitu emas, sebagaimana masih dapat disaksikan di Sungai Dareh. Hingga saat ini masih banyak penduduk di desa ini yang pekerjaannya melakukan pendulangan butiran-butiran emas.
Apabila diperhatikan secara keseluruhan, terdapat perbedaan yang sangat mencolok antara candi- candi di Sumatra dan di Jawa. Di Jawa misalnya hampir sebagian besar bangunan-bangunan didirikan dengan menggunakan batu andesit, memiliki ruang/kamaran candi serta jauh dari tanggul sungai. Sebaliknya di Sumatra hampir sebagian besar bangunannya terletak di dekat tanggul sungai, tanpa kamar candi dan hampir seluruhnya dibangun dengan batu bata. Dengan demikian hampir sebagian besar sebaran situs di Sumatra rata-rata tidak memiliki pola konsentris melainkan linear mengikuti aliran sungainya. Konfigurasi persebaran situs-situs yang secara umum memperlihatkan kecenderungan pola sejajar dengan pola aliran sungai itu merupakan bukti betapa kuatnya faktor lingkungan dalam memberikan arah dan bentuk kebudayaan masyarakat Jambi khususnya dan masyarakat Sumatra secara keseluruhan.
Arsitektur Bangunan Kayu di Muara Jambi
Dapat dikatakan bahwa hampir tidak ada satu pun jejak yang dapat diketahui mengenai bentuk bangunan kayu pada masa lalu di Muara Jambi. Meskipun kita memperoleh sejumlah bukti berupa lubang-lubang simetris yang dipahatkan pada lantai bangunan Candi Kembarbatu misalnya, atau http://htmlimg2.scribdassets.com/ax12m6khoncty4g/images/4-f7481efcdf/000.jpghttp://htmlimg2.scribdassets.com/ax12m6khoncty4g/images/4-f7481efcdf/000.jpg
sejumlah umpak yang ditemukan di Candi Gedong I dan II, tetapi tidak diketahui pasti bagaimana denah atau bentuk bangunannya. Oleh karena itu kita hanya dapat menduga bahwa dengan melihat struktur candi yang bentuk atasnya rata, dimungkinkan bahwa pada bagian itulah terdapat bangunan- bangunan kayu. Sejumlah goresan bata yang ditemukan di Candi Gumpung dan Candi Tinggi, beberapa di antara mencerminkan bentuk-bentuk bangunan kayu (Foto nomor 1-3). Pada umumnya bangunan-bangunan itu berbentuk rumah panggung yang memiliki atap berbentuk gonjong menyerupai bentuk rumah-rumah adat Sumatra Barat. Namun kemudian apakah bangunan-bangunan kayu yang dahulu menaungi bagian atap candi di Muara Jambi seperti bangunan-bangunan tersebut, tidak diketahui pasti.  http://htmlimg2.scribdassets.com/ax12m6khoncty4g/images/5-9c22f1acb8/000.jpg
Bentuk rumah dengan bagian depan semacam kanopi
Teknik arsitektur bangunan kayu di wilayah Jambi yang diangkat berdasarkan tradisi-tradisi lokal tersebut tampaknya mencapai tingkat yang lebih kompleks dengan masuknya anasir kebudayaan Hindu dan Buddha di wilayah ini. Sejak saat itu pula berbagai bentuk, jenis dan fungsi bangunan diberikan arti yang lebih spesifik lagi. Teknologi kayu yang telah berkembang selama ribuan tahun masih tetap dipertahankan kendatipun suatu inovasi baru telah diperkenalkan, yaitu dimulainya teknik konstruksi bangunan batu atau bata. Meskipun belum ditemukan bukti yang lebih pasti, namun dapat diduga bahwa upacara-upacara yang bersifat tradisi seperti penegakkan tiang utama, pemilihan lahan, serta arah hadap bangunan masih diperhitungkan, dan bahkan makin dipertegas pada periode berikutnya.
Arsitektur Bangunan Bata di Muara Jambi
Tata Letak
Arsitektur Muara Jambi muncul dan berkembang dari latar belakang keadaan lingkungan alam dan ildim di Sumatra secara keseluruhan. Suatu penelitian yang dilakukan oleh Suaka Peninggalan Sejarah dan Purbakala Sumbagsel di Jambi mengisyaratkan bahwa banyak di antara situs-situs “manapo” di Muara Jambi yang memiliki parit-parit keliling. Parit-parit tersebut dibuat selain untuk memenuhi ketentuan sebagaimana diatur di dalam agama, juga berfungsi teknis yaitu untuk mengalirkan air agar tidak menggenangi halaman candi.
Apabila dicermati lebih jauh akan terlihat bahwa percandian di wilayah ini terbagi menjadi tiga kelompok utama. Kelompok yang pertama terdiri dari Candi Tinggi, Candi Gumpung, Candi Kembar- batu, dan Candi Astano yang dipisahkan oleh Sungai Melayu di bagian barat dan utara serta Sungai Buluran di bagian selatan. Kelompok kedua terdiri dari Candi Gedong I, Candi Gedong II, dan Candi Kedaton yang dipisahkan oleh Sungai Melayu di bagian timur dan Sungai Terusan di bagian barat. Sedangkan kelompok ketiga terdiri dari Candi Mahligai dengan batas Sungai Berembang di bagian barat. Kecenderungan yang dapat dilihat dari sungai atau terusan yang memisahkan candi-candi tersebut menunjukkan bahwa sungai ataupun terusan itu merupakan sungai buatan (Soeroso, 1988: 184).
Dapat diperkirakan bahwa upaya mengubah lingkungan itu tidaklah dilakukan secara semena-mena apalagi diperuntukkan bagi bangunan suci. Berbagai persyaratan dan tahapan dalam melaksanakan kegiatan haruslah dilaksanakan secara tepat sesuai dengan norma-norma yang berlaku pada masa itu. Hal itu mulai pada saat memilih lokasi, membersihkan tanah, menggali tanah, perletakan batu pertama hingga upacara peresmiannya. Di India berbagai aturan dan tata cara dalam mendirikan bangunan seperti itu banyak jumlahnya. Naskah-naskah Śilpaśāstra, Śilpaprakāśs, Wāśtuśāstra,
Nạ̄tyaśāstra merupakan contoh dari buku-buku pegangan yang sangat terkenal dan dianggap suci bagi
para śilpin sthapaka atau ahli tentang bangunan pada masa lampau.
Meskipun pada dasarnya, bangunan dan ungkapannya merupakan perlambang-perlambang yang mengabtraksikan gagasan-gagasan yang sifatnya sangat dogmatis, akan tetapi para arsitek dan juga masyarakat pemakainya tidak dapat terlepas dari kendala-kendala ekonomi, lingkungan serta model- model arsitektural yang berkembang pada jamannya. Model-model arsitektural tersebut diterapkan pada bangunan keagamaan maupun bangunan rumah tinggal dengan teknik-teknik orisinil yang berkembang, yang diwujudkan dalam bentuk-bentuk yang dipertahankan karena dianggap bernilai atau bermakna. Suatu teknologi baru tampak dikembangkan dalam memperoleh bahan yang lebih keras dan tahan lama. Setelah teknologi bangunan kayu, dikembangkan teknik bangunan bata.
Sejak kapan penggunaan bata sebagai bahan bangunan, belum diketahui pasti. Hasil penelitian arkeologi hingga saat ini tampaknya belum pernah diarahkan terhadap analisis kimia terhadap sejumlah bangunan bata kuno di wilayah Jambi, meskipun hal semacam itu sangat penting.
Denah dan Tata Ruang
Dalam dimensi horisontal, salah satu ciri yang terpenting dari bangunan-bangunan di Jambi, terutama di Muara Jambi dapat ditemukan pada pola penempatannya. Meskipun belum diperoleh gambaran yang lebih lengkap dan menyeluruh akan tetapi dengan mengamati Candi Gumpung dan Candi Tinggi, para ahli berpendapat bahwa sebagian besar bangunan-bangunan utama selalu ditempatkan bergeser ke belakang, dengan memberikan ruang yang lebih luas pada halaman bagian depan. Candi Gumpung dan Candi Tinggi misalnya, candi utamanya terletak sangat dekat dengan pagar utama bagian belakang. Dan kecenderungan itu akhirnya berkembang suatu pendapat bahwa candi-candi di Muara Jambi dilihat dari tata letaknya sangat besar dipengaruhi oleh gaya bangunan masa Jawa Timur, khususnya dari masa Singasari dan Majapahit. Candi Tinggi misalnya yang memiliki susunan berteras, dianggap identik dengan denah Candi Jago di daerah Malang, Jawa Timur, yang diperkirakan berasal dari abad ke-13 M.
Namun demikian suatu pengamatan lebih lanjut memperlihatkan bahwa apa yang tampak saat ini sebenarnya merupakan perkembangan lebih lanjut dari bangunan yang lebih tua yang ada di bagian dalamnya. Suatu pencermatan pada saat pembongkaran Candi Tinggi maupun Candi Gumpung dan bahkan masih terlihat pada Candi Astano, memperlihatkan adanya denah yang lain yang sangat berbeda dengan denah yang ada saat ini. Pengamatan terhadap sejumlah huruf yang digoreskan pada bata di Candi Gumpung menunjukkan bahwa secara paleografis tulisan-tulisan itu berasal dari abad ke-9 M. Dugaan seperti itu sangat cocok pula dengan tulisan-tulisan pada lempengan emas yang ditemukan pada peripih di bagian fondasi Candi Gumpung. Meskipun sedikit mengalami kesulitan oleh karena cara penanganan temuan yang kurang cermat saat pengangkatan, namun dari nama-nama dewa yang disebut akhirnya Boechari berpendapat bahwa nama-nama dewa yang disebutkan itu menggambarkan dewa-dewa Vajradhātu-mandala. Secara lebih rinci seharusnya dewa-dewa tersebut terdiri dari 5 Tathāgata, 16 Vajrabodhisattva, serta 16 Vajratārā (Boechari, 1985: 237). Sebuah
lempengan emas yang lain baru-baru ini juga dilaporkan ditemukan di Candi Gedong. Meskipun pembacaan secara lengkap belum dilakukan akan tetapi dari beberapa huruf yang dapat dibaca juga menyebutkan katavajra sehingga dapat disimpulkan bahwa baik Candi Gumpung maupun Candi Gedong dibangun pada masa yang sama.
Masalah pembangunan kembali candi yang telah rusak, perluasan bangunan yang ada, baik karena alasan teknis maupun alasan ideologis, bukanlah hal yang baru dalam khazanah kebudayaan kita. Sudah tentu dalam upaya perluasan tersebut akan mengubah desain bangunan yang lama selaras dengan maksud dan tujuan yang dikehendaki. Salah satu contoh yang secara tegas menyebutkan tentang perluasan bangunan itu misalnya dituliskan pada prasasti Candi Sewu, Jawa Tengah, yang menyebut “Mañjuśrīg̣rha maẉrddhi” (Soekmono, 1979: 464; catatan kaki 2, hlm. 475).
Berdasarkan hal-hal yang disampaikan di atas kiranya dapatlah diterima apabila candi-candi di Muara Jambi yang sebenarnya telah dibangun pada abad ke-9 M, atau setidak-tidaknya awal abad ke-10 M itu, telah diperbesar pada masa kemudian. Alasan ideologis yang melatarbelakangi perluasan itu antara lain dapat dikaitkan dengan konsepdharma dalam agama Buddha, sedangkan alasan teknis tampaknya merupakan solusi untuk mengoptimalkan ruang yang tersedia karena keterbatasan lingkungan tanggul alam yang sangat sempit di wilayah ini.
Ciri lain yang menonjol yang teramati di lapangan ialah tidak ditemukannya arah hadap yang sama antara candi yang satu dengan candi yang lain. Candi Gumpung misalnya menghadap ke timur, Candi Tinggi menghadap ke selatan sedangkan Candi Kedaton menghadap ke utara. Candi Astano yang terletak di ujung paling timur tidak ketahuan arah hadapnya, karena bagian sisi selatan, timur dan barat telah diubah dari bentuk aslinya dengan memberikan tambahan struktur yang baru sedangkan Candi Gedong I dan II kedua-duanya menghadap ke timur.
Dengan segala keterbatasan data yang ada di lapangan, diperoleh gambaran bahwa denah halaman bangunan rata-rata memiliki bentuk segi empat dengan batas-batas pagar keliling. Di luar pagar keliling umumnya terdapat parit keliling. Pada bagian dalam kompleks, dan terutama pada Candi Gumpung dan Candi Gedong, masih terdapat pembagian ruangan-ruangan tertentu yang mestinya diperuntukkan bagi fungsi-fungsi ruang yang khusus pula. Permasalahan yang perlu dipikirkan ialah apakah dengan adanya struktur yang berbeda-beda itu sudah dapat dipastikan menjadi petunjuk tentang adanya perbedaan kronologi pembangunan ataukah hal itu memang merupakan suatu teknik tersendiri khususnya bagi bangunan-bangunan bata?
Struktur Bangunan
Di antara sekian banyak pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha yang dibawa dari India ke Jambi, tidak ada satupun yang lebih menonjol bila dibandingkan dengan seni arsitekturnya. Dapat diyakini bahwa teknik-teknik bangunan kayu yang berkembang selama itu masih terus dipertahankan dan bahkan terus dikembangkan dan diadaptasikan pada bentuk-bentuk bangunan bata. Teknik-teknik orisinil yang berkembang jauh sebelum masuknya pengaruh kebudayaan Hindu-Buddha yaitu bangunan dengan tiang kayu yang ditopang oleh umpak-umpak batu tetap dipertahankan bahkan telah mengisi kekosongan komponen-komponen atau bagian-bagian bangunan yang belum/tidak direncanakan. Sejumlah umpak batu yang ditemukan di sekitar Candi Gedong misalnya, merupakan sisa-sisa dari bangunan kayu yang tetap digunakan pada saat pembangunan Candi Gedong.
Salah satu ciri khas yang menarik betapa kuatnya teknik-teknik kayu tersebut mempengaruhi dalam teknik bangunan batu dapat pula dilihat pada serangkaian bentuk pilaster yang menggantikan bentuk tiang bangunan kayu seperti ditemukan di Candi Gumpung. Demikian pula bentuk-bentuk balok yang membentang dan menghubungkan antara pilaster-pilaster memberikan suatu kesan mengenai peng- adopsian konstruksi bangunan kayu yang telah berkembang sebelumnya.
Kesimpulan
Sepanjang pengamatan terhadap sejumlah besar peninggalan arsitektur di Jambi dan sekitarnya memperlihatkan sejumlah keseragaman dan keanekaragaman. Secara khusus bangunan-bangunan di Sumatra bagian Selatan dan secara umum di wilayah Sumatra, pada dasarnya terlahir dari kondisi lingkungan yang hampir sama dan oleh karenanya memilikisetting yang hampir sama pula. Pada umumnya bangunan-bangunan itu didirikan pada lahan tanggul alam yang terbentuk oleh proses alamiah yang telah berjalan selama ribuan tahun serta memiliki kecenderungan yang kira-kira hampir sama yaitu linear sejajar dengan pola aliran sungainya.
Suatu kendala lingkungan yang umum dihadapi ialah keterbatasan lahan yang mampu mengakomodasi sejumlah kepentingan. Untuk memecahkan masalah tersebut maka aturan-aturan dogmatis sering diterjemahkan dalam ungkapan-ungkapan arsitektural. Arah hadap bangunan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang baku merupakan salah satu contoh bagaimana para arsitek masa lalu mengintegrasikan antara kepentingan agama dengan kondisi lingkungan yang terbatas.
Di balik keanekaragaman baik bentuk, arah hadap, seni hias dan latar belakang keagamaan yang tampil, tercermin adanya suatu keseragaman yang mengekpresikan persamaan latar belakang sejarah dan budaya mereka yang unik dan spesifik. Arsitektur Jambi lahir dan tumbuh dari latar belakang lingkungan Sumatra yang berbeda dengan arsitektur di Jawa atau di lain tempat. Dengan mengenali perbedaan dan persamaan ciri masing-masing bangunan akan membawa pada pemahaman tentang kebinekaan dan ketunggalikaan budaya bangsa.
     

   

   

Comments

Popular posts from this blog

Belajar dari Wirid Wirayat Jati Ronggowarsito

Banyak orang yang tidak tahu apa sih ilmu sejati itu? Banyak para salik yang mencari suluk untuk mendapatkan ilmu sejati yakni ilmu kasampurnan (kesempurnaan) hidup. Tidak ada salahnya jika kita belajar ilmu kasampurnaan hidup itu dari Raden Ngabehi Ronggowarsito dari Serat Wirid Wirayat Jati yang ditulisnya. Bagaimana ilmu kasampurnan itu? Anênggih punika pituduh ingkang sanyata, anggêlarakên dunung lan pangkating kawruh kasampurnan, winiwih saking pamêjangipun para wicaksana ing Nungsa Jawi, karsa ambuka pitêdah kasajatining kawruh kasampurnan, tutuladhan saking Kitab Tasawuf, panggêlaring wêjangan wau thukul saking kawêningan raosing panggalih, inggih cipta sasmitaning Pangeran, rinilan ambuka wêdharing pangandikaning Pangeran dhatêng Nabi. Musa, Kalamolah, ingkang suraosipun makatên: Ing sabênêr-bênêre manungsa iku kanyatahaning Pangeran, lan Pangeran iku mung sawiji. (Inilah sebuah petunjuk benar yang menjelaskan ilmu sirr kesempurnaan hidup, yang berakar dari

PRIMBON JAWA LENGKAP

Sistim Penanggalan Jawa Sistim Penanggalan Jawa lebih lengkap dan komprehensif apabila dibandingkan dengan sistim penanggalan lainnya, lengkap dan komprehensifnya adalah suatu pembuktian bahwa ketelitian Jawa dalam mengamati kondisi dan pengaruh seluruh alam semesta terhadap planet bumi seisinya termasuk pengaruh kepada pranatan kehidupan manusia, dapat disampaikan antara lain adanya rumusan tata penanggalan jawa sebagai berikut : 1. Pancawara – Pasaran; Perhitungan hari dengan siklus 5 harian : 1. Kliwon/ Kasih 2. Legi / Manis 3. Pahing / Jenar 4. Pon / Palguna 5. Wage / Kresna/ Langking 2. Sadwara – Paringkelan, Perhitungan hari dengan siklus 6 harian 1. Tungle / Daun 2. Aryang / Manusia 3. Wurukung/ Hewan 4. Paningron / Mina/Ikan 5. Uwas / Peksi/Burung 6. Mawulu / Taru/Benih. 3. Saptawara – Padinan, Perhitungan hari dengan siklus 7 harian : 1. Minggu / Radite 2. Senen / Soma 3. Selasa / Anggara 4. Rebo / Budha 5. Kemis / Respati 6. Jemuwah / Sukra 7. Setu / Tumpak/Sa

Agama asli jawa Indonesia

HONG WILAHENG NGIGENO MESTUTI, LUPUTO SARIK LAWAN SANDI, LUPUTO DENDANING TAWANG TOWANG, DJAGAD DEWO BATORO HJANG DJAGAD PRAMUDITO BUWONO LANGGENG AGOMO BUDDODJAWI-WISNU hing TANAH DJOWO ( INDONESIA ) ---oooOooo--- Lambang Cokro Umbul - Umbul Klaras            Wiwitipun ngadeg Agami Buddodjawi-Wisnu wonten ing Suroboyo, nudju dinten Tumpak cemengan (Saptu Wage), tanggal kaping 11 Palguno 1856. (Djumadilawal) utawi tanggal 25 November 1925 mongso kanem, windu sengsoro, Tinengeran condro sangkolo. Ojaging Pandowo Angesti Buddo 1856. Utawi tahun Ismoyo 8756.            Tujuan Agami Buddodjawi-Wisnu anenangi soho angemuti dumateng Agami soho Kabudayan kita ing Indonesia ingkang asli soho murni, kados dene wontenipun negari Modjopait sapanginggil sederengipun wonten Agami penjajahan. Agami Buddodjawi-wisnu puniko mengku punjering Kabudayan Nasional ingkang asli soho murni ing Indonesia. Dene Punjering Kabudayan wau ingkan ngawontenaken adat t